Festival Aberdeen

9 October 2009 § Leave a comment

Sedikit tentang sejarah Festival Aberdeen.
Festival ini digagas pada akhir 1960-an oleh almarhum Blyth Mayor, Music Director Midland Youth Orchestra dan Lionel Bryer, sebagai Ketua International Youth Foundation. Mereka membuat ide menyatukan orkestra pemuda dari seluruh dunia di sebuah festival menggunakan musik sebagai ikatan pemersatu untuk mempromosikan pemahaman internasional. Festival pertama Orkestra Pemuda diadakan pada tahun 1969 di St Moritz di Swiss.

Diundang oleh British Tourist Authority pada tahun 1973, Festival pindah ke Inggris dan mendirikan pangkalan di Aberdeen dan London untuk lima tahun berikutnya. Karena fasilitas yang hebat dan dukungan lokal di Kota dan Universitas Aberdeen, Festival inih memasukkan semua bentuk tarian, jazz dan musik paduan suara.

Konduktor tamu terkenal secara internasional seperti Claudio Abbado, Carlo Maria Giulini, Walter Susskind dan Leopold Stokowski diundang untuk melakukan Festival Orchestra – khusus hanya untuk orkestra- yang diundang untuk tampil di prom BBC di Royal Albert Hall di London, dan juga dimainkan di konser pembukaan Festival Edinburgh pada tahun 1978 orkestra pemuda pertama muncul di The Edinburgh Festival (yang mana gua juga bingung sebenarnya orkes pemuda pertama itu di mana digelarnya–lihat akhir paragraf pertama).

Karena keberhasilan dan dukungan baik dari Kota Aberdeen, bisnis lokal dan banyak berdatangan penonton, pada tahun 1979 manajemen memutuskan untuk memfokuskan acara internasional ini sepenuhnya di Aberdeen dan Timur Laut Skotlandia. Nicola Wallis, yang telah dikaitkan dengan IFYO sejak tahun 1973, diangkat sebagai Direktur pada tahun 1980 dan nama Festival berubah ke Aberdeen International Youth Festival. Nicola Wallis menggenjot Festival inih hingga tahun 2003, ketika ia menjadi Ketua Pelaksana Yayasan Suara. Pada tahun 2003 Festival mendirikan basis kantor penuh waktu di Aberdeen dan Chief Executive baru, Stephen Stenning diangkat pada Mei 2003. Perkembangan pada masa ini mencakup pembentukan Grampian Youth Orchestra. Pada November 2007 Stewart Aitken, mantan Direktur Artistik Wigan Pier Theatre Company menjadi Chief Executive.

Bytheway, Festival aberdeen ituh punya nama lengkap, yakni Aberdeen International Youth Festival. Intinya adalah acara utama kalender budaya Aberdeen dan acara seni musim panas di Timur Laut Skotlandia.

Opening Ceremony

Opening Ceremony

Kelompok festival yang mendaftarkan diri di Aberdeen International Youth Festival akan dijadwalkan ke dalam pertunjukan di Kota (termasuk tempat-tempat seperti Music Hall, Pusat perbelanjaan, Elphinstone Hall, The Sanctuary – Queen’s Cross Church, Beach Ballroom, Aberdeen Arts Centre dan The Lemon Tree). Performances akan juga akan dijadwalkan di tempat-tempat kecil di kota-kota dan desa di Timur Laut Skotlandia. Kelompok-kelompok diminta untuk membawa repertoar cocok untuk 45 dan / atau 90 menit kinerja, dan juga potongan pendek dari 5 – 10 menit yang dapat dilakukan dalam Gala menunjukkan dan dalam pertunjukan bersama dengan kelompok lainnyah. Festival Departemen Produksi menjalankan setiap peristiwa dan akan bekerja dengan kelompok-kelompok untuk memutuskan repertoar untuk menunjukkan. Dalam beberapa kasus kelompok akan diminta untuk bekerja dengan Festival Produsen untuk membuat potongan-potongan pendek karya baru yang akan dilakukan pada pertunjukan Gala.
Jika sesuai, kelompok akan dijadwalkan untuk mengambil bagian dalam pertunjukan udara terbuka di Aberdeen City Centre dan pinggiran pertunjukan di gereja-gereja, ruang komunitas, rumah sakit, galeri dll.
Jika Kamu-kamu sekalian memiliki pertanyaan, silakan hubungi kantor festival info@aiyf.org melalui email, atau telepon + 44 (0) 1224 213800 [Gua belon sempet nyoba ngontak mereka. Jd maaf kalo gak valid]

Peluang dan pengaturan:
Etos dari Aberdeen International Youth Festival kuat didasarkan pada pertukaran budaya dan pengalaman. Karena itu kami mendorong kelompok-kelompok, sedapat mungkin, untuk berinteraksi, berkolaborasi artistik dan bersosialisasi. Contoh:
• Pada malam gratis Festival peserta diundang untuk menghadiri Festival pertunjukan lain, di Aberdeen, gratis.
• Selama periode Festival, kami mengatur sesi lokakarya dan kolaborasi antara perusahaan, yang seringkali dapat mengakibatkan kinerja peluang.
• Setiap kelompok malam diundang untuk bersosialisasi dan menyajikan kabaret informal satu sama lain.
Untuk nominal biaya peserta individu sehari-hari (£ 34 approx) mengorganisir Festival berikut ini untuk setiap kelompok:
1. Full board (3 kali sehari) dan akomodasi di University of Aberdeen (satu kamar dengan berbagi kamar mandi).
2. Semua transfer ke pertunjukan dan latihan, di Aberdeen dan kota-kota dan tempat-tempat lain di Skotlandia selama periode Festival.
3. Kesempatan untuk memesan ruang latihan selama Festival.
4. Semua publisitas.
5. Festival memberikan tiap kelompok sendiri kurir, dan produksi / kru teknis juga disediakan untuk pertunjukan.
Kondisi untuk pemohon
¨ kelompok Pemohon harus dari status amatir yaitu tidak dalam penerimaan biaya profesional.
¨ Grup menerapkan harus terdiri dari orang-orang muda tidak lebih dari usia 26 tahun; itu dipahami bahwa para manajer, direktur dan pendamping akan lebih tua.
¨ Tidak ada batasan jumlah dalam kelompok, namun kelompok yang lebih besar (seperti kelompok tari) dengan lebih dari 20 pemain mungkin akan diminta untuk tampil sebagai ansambel kecil di tempat yang lebih kecil.
¨ Semua kelompok diharapkan untuk mengatur dan menutupi biaya perjalanan mereka menuju Aberdeen dan kembali.

FYI, festival inih betul-betul keren! Banyak kali orang berkumpul untuk unjuk kebolehan. Tak ketinggalan urang pribumi juga ikut andil, lho! Waktu itu, festival yang diikuti pada tahun 2004 ini Kang maulana beserta penampilan Keluarga Paduan Angklung memukau semua penonton, walaupun hanya sebagai pengisi acara. Bayangin, semuanya turut standing applause! Betapa bahagianya gua jadi manusia Indonesia.

Ini hanya share aja, barangkali ada yang mau ngikutin jejak urang bandung ituh. Juga inih sebagai bentuk optimisnya gua dalam melihata seluruh wajah dunia bahwa Indonesia ituh sebenarnya hebat. Cuman ya karena satu-dua seba jadi kurang pede [ingat loh! hanya cuman karena kurang pede! Don’t think anything else!]. Tunjukkan, teman-teman!

Tagged: , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Festival Aberdeen at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: