Petang Kreatif 2010

13 December 2010 § 4 Comments

Festival Budaya (Fesbud) adalah acara tahunan yang digelar Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) UI. Entah berhubungan atau tidak, kegiatan Fesbud ini waktunya tidak jauh-jauh dari Dies Natalis (hari jadi) Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI, yakni setiap bulan Desember. Tema yang diusung pada tahun ini Budaya Betawi, tagline-nya “Geger di Djakarta Tempo Doeloe”. By the way sodara-sodara, Gua orang Betawi aselih! Waaw!

Agenda Fesbud sangat padat (jika tak mau dibilang banyak bangat). Petang Kreatif adalah salah satunya. Petang Kreatif, yang biasa disingkat PK, adalah salah satu perlombaan yang paling bergengsi dalam acara Fesbud, juga merupakan acara puncak dari rangkaian agenda Fesbud. Bahkan hampir semua jurusan di fakultas budaya ini bersiap diri tidak kurang dari tiga bulan. Begitu pula jurusan Indonesia, mereka tak tanggung-tanggung berlatih hingga malam telah larut. Luar biasa. *mungkin di sini ada permintaan maaf dari saya*

Petang Kreatif tahun ini diselenggarakan jam sepuluh entah lewat berapa menit (atau ngaret beberapa jam?) pada hari Sabtu, 11 Desember 2010 di Auditorium Gedung IX FIB UI. Sebetulnya saya kepingin banget datang tepat waktu dan menikmati penampilan setiap jurusan. Namun apa hendak diperbuat, punya urusan penting di hari itu mengakibatkan penampilan beberapa jurusan tak sempat saya lihat pada awal-awal acara.

Datang pukul dua siang, saya langsung meluncur ke koridor Gedung VIII di samping anjungan tunai mandiri BNI, tempat markas jurusan Indonesia berdandan dan bersiap-siap. Sesampainya di TKP, saya tak kuasa untuk berucap, hanya nyebut-nyebut dan mengelus dada yang bisa diperbuat. Saya tak melihat teman-teman saya yang biasanya garing dan gubrak itu. Saya hanya mendapatkan wajah-wajah senior yang sibuk dan berair muka serius. Mereka sedang merapikan dan menghiasi “sesuatu” yang mirip tubuh manusia dengan cat.

Saya agak penasaran. Saya dekati mereka. Saya ingin tahu apa yang sedang mereka lakukan dengan cat dan makhluk-makhluk aneh dari planet Namec itu. Saya mungkin agak berlebihan, tapi astaga! Ternyata makhluk itu adalah teman-teman saya! Mereka sedang divermak sampai saya pun bingung mengenalinya dan menggaruk-garuk kepala yang tidak gatal ini (mungkin agar tak diketahui identitasnya). Oke, dengan sekali lihat saya bisa tahu kalau salah satunya adalah Reza. Layaknya Pak Lurah yang menghadiri kunjungan kerja ke desa sebelah, ia berbatik dengan peci nyangsrang di kepalanya. Ia membawa map merah bak ketua masjid yang meminta sumbangan ke rumah-rumah warga RT 007.

Saya makin merangsek ke dalam. Saya melihat siluet Greis tepat tiga langkah di depannya. Awalnya saya menduga gitu (siluet), namun ternyata dugaan saya salah. Itu bukan siluet, melainkan DIRINYA SENDIRI yang telah disulap menjadi hitam pekat. Pakaian nya dibuat gelap. Hanya bibirnya yang disisakan merah menyala. Lanjut, di sampingnya ada Adik yang entah kenapa mukanya dikuningkan. Mau jadi apa, saya tak tahu. Biarkan saja, nanti pun saya kan melihatnya.

Wajah yang tak saya kenali justru Achie. Seseorang yang mirip Bibi Popon hilir-mudik di depan saya dan itu mengganggu. Mungkin karena tak tahu ia siapa, saya pun diam saja. Saya speesless, ternyata ia si Achie alias Astri Setyarini! *gubrak!* Ehem, lalu bagaimana dengan teman-teman yang lain? Huh, gak jauh beda! Ancur semua. Saya tak habis pikir. Otak seperti apa yang membuat kakak-kakak saya mendandani Norman dkk. dengan kegilaan yang segila-gilanya. Penampilan Indonesia yang bertajuk “Beda Itu Pilihan” pun akhirnya mendapat sambutan luar biasa di Auditorium Gedung IX.

Great Job, my brada’! You’re the best that I have.

Tagged: , , , , ,

§ 4 Responses to Petang Kreatif 2010

  • Rina says:

    Gue akuin make-up jurusan kita emang paling TOP, Gi!
    Gue juga foto-foto mereka pas di-make up. Lucu~~~ Gak salah deh kita dapet juara dua!
    Sayangnya, gue gak nonton… TAT

  • ibnumarogi says:

    Loh, elu moto-moto mereka pas di-makeup? Jam berapa, emang?

    Iya, keren bagnet dan gila banget senior-senior yang udah dandanin mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Petang Kreatif 2010 at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: