「Resensi Buku」Seri Detektif Poirot: Gadis Ketiga

13 April 2011 § 2 Comments

Rank: ******* [7 out of 10 stars]
Author: Agatha Christie
Title: Third Girls (Gadis Ketiga—terj.)
Page: 360 pages
Category: Books
Genre: Fiction, Mistery

foto oleh Goodreads.com

Gadis Ketiga

Ini buku pertama saya tentang detektif Hercule Poirot [parah, ya, masa’ buku kek gini baru baca sekarang *geleng-geleng*]. Agatha Christie di buku ini sangat kentara membangun pola misteri khasnya: psikologis (asumsi saya saja). Entah latar belakang akademisnya apa—dokter bukan, sih?—tetapi dia memang pintar dalam membuat konstruksi psikologi seseorang.

Sebetulnya agak ragu juga untuk menyukai novel ini (bayangkan, sedari awal hingga halaman 297 saya tak menemukan pembunuhan yang dilakukan! Betapa membosankan). Namun, ketika mendapati fakta yang terkuak di akhir cerita membikin kebosanan gua menguap lenyap. Ah, jago benar dia membuat plot.

Jika dibandingkan dengan detektif yang dibikin Conan Doyle, jelas saya cenderung menyukai Holmes. Entah itu dari ceritanya, sudut pandang yang khas (dari kacamata dr. Watson), ataukah aura Holmes yang memang begitu besar. Saya lebih suka Sherlock Holmes.

Pun saya tak memungkiri bahwa ada perbedaan dalam pengungkapan misteri kedua detektif ini. Holmes lebih banyak menggunakan trik-trik yang membingungkan orang bodoh seperti saya (ga mau susah-susah mikir). Nah, saya jadi bingung kenapa saya lebih menyukai Holmes. Sedangkan Poirot dalam setiap kasusnya mengungkap fakta lewat aspek-aspek psikologis.

Tapi kembali lagi, ini masalah selera. Saya menyukai keduanya dan cenderung fanatik pada Holmes. Begitulah. Semoga kasus Poirot dan Holmes lain bisa memberikan warna bagi bacaan saya kelak.

ps: sebetulnya beberapa hari yang lalu ulasan ini telah selesai dibuat. Tetapi menimbang bahwa saya baru saja mengulas buku lainnya—Jingga—saya pun mengurungkan niat dan memutuskan untuk hari ini saja. Semoga suka.
_____________
data pustaka: ibnumarogi @ goodreads

Tagged: , , , , ,

§ 2 Responses to 「Resensi Buku」Seri Detektif Poirot: Gadis Ketiga

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading 「Resensi Buku」Seri Detektif Poirot: Gadis Ketiga at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

