Mau Dibawa Kemana Liburan Kita?

29 May 2011 § 7 Comments

Sekedar informasi saja, makalah Perkembangan Bahasa Indonesia saya telah tandas hari ini. *fyuh…sujud syukur* Akhirnya detik-detik penentuan segera disiarkan—berhasilkah saya melewati semester ini dengan nilai memuaskan? Setelah ini akan ada liburan semester yang teramat panjang. Yeah, tepat sekali! Liburan kali ini 3 bulan penuh!

F5

Bagi saya, liburan itu hal yang baik. Namun jika berlebihan akan sia-sia saja karena sesungguhnya esensi dari hari libur adalah masa-masa untuk menyegarkan kembali energi yang kita miliki agar pekerjaan dan aktivitas sehari-hari bisa dikerjakan dengan baik. Oke, penjelasannya sungguh rumit dan jauh dari maksud menjelaskan. Intinya, liburan bukan hal yang utama dalam hidup ini. Liburan hanya sekedar F5 dari banyak komando di tombol keyboard PC. Liburan adalah tumakninah dari gerakan salat. Penting, namun bukan hal yang utama.

So, liburan kali ini harus bermanfaat dan harus dibawa ke arah yang lebih menyenangkan dari sebelumnya. Untuk itulah, saya memiliki rencana dalam liburan ini, terutama supaya pengetahuan atas sastra dan linguistik (penjurusan dalam perkuliahan saya) meningkat secara signifikan. Liburan kali ini saya akan isi dengan. . . . *jreng…jreng…* *drum sound mode on* BACA BUKU SEBANYAK-BANYAKNYA.

Yeah, well, agak terasa membosankan, ya. Membaca, membaca, dan membaca. Begitulah, sejujurnya hidup itu membosankan. Hanya saja kita terlalu berlebihan dalam mengekspresikannya. Sesungguhnya isi adalah kosong…kosong adalah isi. Ehem, anyhoooo, sebelum menyimpang terlalu jauh, bacaan yang akan saya babat pada liburan ini adalah buku-buku yang teramat berat, baik secara harfiah maupun berupa ungkapan. Berikut buku-buku, yang dalam plan A, akan saya khatamkan.

1. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga)

TBBBI

Title : Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia
Author : Hasan Alwi, Hans Lapoliwa, Soenjono Darmowidjojo, Anton M. Moeliono
Page :486 pages
Published : Balai Pustaka
Year : 2003
Category : Books
Genre : Non-Fiction

Lihat, kan? Betapa beratnya bacaan saya. Ah, indahnya hidup ini… *matabelo*

2. The Travels of Ibn Battuta (vol. 1)

Vol. 1

Title : The Travels of Ibn Battuta, A.D. 1325-1354.
Translated : C. Defremery and B. R. Sanguinetti (with revisions and notes from the Arabic text edited by)
Author : H.A.R. Gibb
Page : 270 pages
Published : The Syndics of The Cambridge University Press
Year : 1958
Category : Books
Genre : Non-Fiction, Journey

Buku ini adalah jurnal perjalanan Ibn Battuta selama menjelajahi dunia. Entah di volume yang ke berapa, yang pasti si Iben ini singgah di Indonesia. Kalau saya tidak salah baca (maklum, buku ini berbahasa Inggris, sedangkan saya gaptek berbahasa Inggris) buku ini disarikan oleh kawan Ibn Battuta tentang perjalanannya. Yah, konsep penceritaannya semacam sudut pandang dr. Watson dalam buku Sherlock Holmes gitu.  Nah, karena buku ini berbahasa Inggris, siap-sedialah google translate di saku saya.

3. The Travels of Ibn Battuta (vol. 2)

Vol. 2

Title : The Travels of Ibn Battuta, A.D. 1325-1354 vol. 2
Translated : C. Defremery and B. R. Sanguinetti (with revisions and notes from the Arabic text edited by)
Author : H.A.R. Gibb
Page : 267 pages (271—537)
Published : The Syndics of The Cambridge University Press
Year : 1962
Category : Books
Genre : Non-Fiction, Journey

Menurut situs yang saya baca (goodreads), buku ini sebetulnya memiliki 3 (tiga) volume, namun baru dua ini saja yang saya dapat. Tentunya dapat yang saya maksud adalah ‘dapat saya pinjam dari perpustakaan’.

4. Melawat Ke Barat

Melawat ke Barat

Title : Melawat ke Barat
Author : Adi Negoro
Page : 166 pages
Published : Balai Pustaka
Year : 1950
Category : Books, photocopy
Genre : Non-Fiction, Journey

Buku ini sesungguhnya masih abstrak dalam pikiran saya. Berbeda dengan buku berbahasa Inggris yang ditulis di  pertengahan abad 20, buku ini menggunakan ejaan lama (yang menulis huruf ‘j’ dengan menggunakan ‘dj’ dan huruf ‘c’ dengan ‘tj’). Betapa sulitnya jika belum terbiasa. Yah, semoga saya terbiasa dan menikmati jurnal yang ditulis dalam dua dekade ini 19201940).

5. Bumi Manusia

BUMI-MANUSIA

Title : Bumi Manusia
Author : Pramoedya Ananta Toer
Page : 535 pages
Published : Lentera Dipantara
Year : 2005
Category : Books
Genre : Fiction

Memalukan adalah tidak membaca Bumi Manusia padahal anak sastra Indonesia. Yeah, pepatah yangbaru sajasaya buat ini sangat pantas untuk memacu saya untuk segera membaca novel Mas Pram ini. Tentu saja buku ini pinjaman orang lain (punya Asti, nih).

6. Jurus Tanpa Bentuk [Nagabumi 1]

Jurus Tanpa Bentuk

Title : Jurus Tanpa Bentuk
Author : Seno Gumira Ajidarma
Page : 815 pages
Published : Gramedia Pustaka Utama
Year : 2009
Category : Books, Hardcover
Genre : Fiction, History

Buku ini adalah cerita dunia persilatan terpanjang (atau tertebal???) yang ada di Indonesia. CMIIW. Bercerita tentang seorang jago silat yang dalam dunianya sebagai yang tak-terkalahkan. 100 pendekarbaik itu pendekar golongan putih, golongan hitam, atau golongan merdeka—telah ia kalahkan seketika dalam pertarungan hidup-matinya di karang terjal. Setelah itu ia menghilang entah ke mana, tidak ada seorangpun yang mengetahuinya. Sekarang setelah usianya 100 tahunatau setara dengan 50 tahun setelah pertarungan hidup-matinya ituia muncul kembali ke dunia persilatan. Seru! Saya pikir ini sangat seru, mengingatkata teman saya yang telah membacanyabanyak sekali pengetahuan-pengetahuan sejarah Indonesia semasa itu, sekitar abad VIIIIX.

Begitulah, buku-buku sekarang telah gandrung di dalam hidup saya, bahkan telah menjadi denyut nadi saya pabila ungkapan ini tidak terasa garing. Bisa saja dalam liburan ini saya sesekali pergi sightseeing ke mana, gitu. Jalan-jalan sekedar mencari angin, mencari pasangan mencuci mata untuk menyegarkan penglihatan. Mungkin saja; saya bisa. Ah, betapa mupengnya saya ketika melihat keindahan Karimun Jawa. But anyway, kembali ke topik, kegiatan membaca akan menjadi aktivitas utama. Jangan-sampai-terlupa!

Itu! *gaya Mario Teguh*

After all, semoga liburan saya dan juga kalian menyenangkan dan tak terlupakan. Saya berharap pengetahuan yang telah didapat bisa berguna untuk banyak  orang. Juga, sekalian doa colongan, semoga saya mendapatkan jodoh yang sesuai dengan keinginan saya. Amiin.

Tagged: , , , , , , , ,

§ 7 Responses to Mau Dibawa Kemana Liburan Kita?

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Mau Dibawa Kemana Liburan Kita? at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

