Selingan

17 June 2011 § 6 Comments

Kalau saya tak salah ingat, mulanya perkuliahan semester berikut adalah 12 September…dan itu masih lama sekali, sodara-sodara. Kawan-kawan seperjuangan saya mungkin sudah bosan menghadapi hari-hari kosong ini sekarang, bahkan ada yang dari minggu-minggu awal libur. Phew…begitulah hidup, jika bukan berhadapan dengan kesibukan dan kekejaman konflik dunia, ya alternatifnya kita akan melewati hari-hari membosankan ini [liburan].

Masih ingatkah postingan saya mengenai liburan…? Yang saya tulis dengan tajuk Mau Dibawa Kemana Liburan Kita? beberapa pekan yang lalu. Nah, saat itu saya mengajak para penikmat blog untuk membaca buku sebanyak-banyaknya. Alhamdulillah saya sudah menamatkan buku-buku tersebut sebanyak…satu saja. *sigh* Haduh, payah banget saya ini.

Wew, ternyata membaca buku pun bisa membosankan juga. Saya sudah berusaha untuk menghabiskan bacaan-bacaan berat *cuma alesan nih* tetapi begitulah hasilnya. Hanya Bumi Manusia yang memikat saya. Sastranya sangat mengagumkan. Pantaslah Mas Pram menjadi sastrawan terbesar Indonesia yang jarang dikenal masyarakatnya sendiri. After all, saya pun mengalihkan hari-hari saya jauh dari bacaan-bacaan itu. Dan alternatif yang saya pilih kemudian adalah…baca buku yang lain.

Anyway, apapun sikonnya, saya selalu punya hasrat untuk membaca. Di manapun, kapanpun, bersama siapapun. Dan begitulah, stuck dengan bacaan yang satu, saya beralih pada bacaan lainnya. Dalam kebosanan buku yang saya pilih untuk menghabiskan liburan itulah saya kemudian mengisinya dengan membaca Diorama dan Bangun Dong, Lupus! yang masing-masing karya Ari Nur dan Hilman Hariwijaya. Begitulah, tak baca satu buku, buku yang lain pun jadi.

Oke, ini adalah sepotek cerita di pagi ini, mengenai keseharian dan ke’biasa-saja’an saya dalam menjalani kehidupan. Tentang keseharian membaca saya dan keinginan untuk membaca, yang dimulai dengan membeli buku-bukunya, meski bekas sahaja.

FKG-UI
Hari ini saya musti rontgen gigi. Tidak ada sesuatu yang gawat dan berbahaya, sebetulnya. Saya hanya menjalankan surat rujukan dari dokter gigi di PKM UI atas perawatannya terhadap gigi saya. Hasil rontgen itulah yang nantinya akan memutuskan apakah gigi saya begini, atau gigi saya begitu. Phew..

Saya sempat sedikit jetlag masuk ke UI Salemba itu. Ada rasa eksotika [tolong ya ini disunting diksinya biar lebih ngena, gitu] tersendiri bagi saya. Sesuatu yang baru pertama kali saya lihat, raba, dan rasakan. Itulah…saya menemukan beberapa hal di sana:

1. FKG itu asri. Meski siang hari panas menyengat, fakultas itu tetap berasa nyaman untuk diajak berkuliah [lagi, kata ‘diajak’ kurang cocok di sini]. Adem bener, deh. Suer.

2. Saya benar-benar menyadari bahwa FK dan FKG itu berbeda dan memang terpisah lingkup fokusnya. Dulu memang saya sempat ragu: kok ya bisa gigi yang jumlahnya tidak lebih dari 32 itu menjadi sesuatu yang luar biasa hingga dijadikan satu lingkup fakultas yang besar seperti itu. Oh, betapa kecilnya dunia, betapa luasnya dunia. Paradoks.

3. Yaampuun ini Salemba atau surga? Setiap ada manusia, yang mana jika ia bukanlah pria, ia adalah malaikat nirwana. Tak saya siasiakan keadaan ini, tolollah kiranya jika saya tanggalkan kacamata ketika berada di sini. Yaampuun bidadari. Segalanya, semuanya, yang jelek yang tidak: bidadari. Geulis-geulis pisan.

Dan benar saja kabar dari org kantor: FK—apalagi G—tak kurang paras bidadarinya. Cantik nian bak pualam. Ah, tanah sorga…

Saya pamit dari FKG setelah rontgen selesai—dan berarti saya harus meninggalkan bidadari kahyangan dan turun ke dunia nyata. Saya dengan bimbang menuju Blok M. Dan kemudian dimulailah badai itu: saya kolap lagi di sana.

Blok M
Saya tidak memborong buku, tetapi saya cukup sadar bahwa saya menghambur-hamburkan buku. Damn! Berikut buku-buku yang saya boyong dari Blok M Square.

1. Jalan Raya Pos, Jalan Daendels oleh Pramoedya Ananta Toer.
2. Tenggelamnya kapal Van der Wijck oleh Hamka.
Kedua buku ini saya beli dengan harga Rp40.000,00
3. Harry Potter and the Philosopher’s Stone oleh J.K. Rowling (english version: Bloomsbury)
4. Harry Potter and the Chamber of Secret oleh J.K. Rowling (english version: Bloomsbury)
Kedua buku bekas ini saya angkut dengan uang Rp70.000,00

Phew..memang rada riskan untuk membiarkan saya ke dalam lautan buku seperti ini. Hingga pada akhirnya saya panik sendiri ketika uang bulanan telah habis sebelum masanya.:mrgreen:

Begitulah, saya akhirnya mengawali Jumat ini dengan keceriaan semata sehingga tak ada lagi beban di dada. Let your heart lead ahead you!

_______
PS: Kiranya boleh menambahkan cerita, saya juga sebenarnya ngebeli dua kaos pantai. Yeah, tak perlu ke bali untuk membeli kaos bertuliskan BALI, bukan?

Tagged: , , , , , ,

§ 6 Responses to Selingan

  • galuhsakti says:

    wooooh, bikin iri nih.
    ntar gw minjem yak bukunya🙂

  • pethakilan says:

    salemba ato surga? itu jg paradoks..
    hahhahhah
    apa?! baru baca bumi manusia?! hari gini baru baca?! apa!?
    #sendalmelayang
    *ga kena weee*
    hahahhahhaha
    piss bang piss..
    *nyodorin cokleat yg tinggal separoh*
    iya aku jg kadang suka kalap klo liat buku di mana2,
    bawaanya pgn lsg ngeluarin karung trus ngejarah..

    • ibnumarogi says:

      Ergh…itu bukan paradoks [pertentangan], tetapi perbandingan [entah disebutnya apa].
      Uhm–itu kalap apa ya, kayaknya serep amat. Ngejarah…

  • Rizawdhy says:

    Maukah kau berlayar bersamaku menuju lautan buku itu, Kapten? Tertanda, kelasi barumu.

    • ibnumarogi says:

      Hohoho
      Bolehboleh sahaja. Keberadaanmu dapat menambah kru baru yang hanya ada satu, yaitu aku.
      Selain itu, kiranya dalam perjalanan aku butuh teman mengobrol di kala jemu.
      Peraturan di sini hanya satu: Jangan bangunkan kaptenmu ini ketika sedang menikmati tidur siangnya itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Selingan at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: