#Tweet: Tanggapan atas Spanduk KRL Bersubsidi

4 July 2011 § Leave a comment

Spanduk imbauan bertuliskan ‘Kereta Ekonomi adalah Kereta yang Disubsidi untuk yang Tidak Mampu’ dipampang di hampir setiap stasiun. Spanduk itu ditujukan supaya penumpang yang berdasi [mampu/bergaji besar] dapat menggunakan layanan KRL Commuter Line, yang harga karcisnya lebih mahal dari KRL Ekonomi [bersubsidi]. Namun, para penumpang dari golongan mampu justru menjejali KRL ekonomi untuk berangkat bekerja. Mereka beralasan, naik KRL ekonomi untuk mengejar waktu sampai ke kantornya. Praktis kereta yang pertama lewatlah yang mereka pilih—yang ternyata KRL ekonomi.

SUBSIDI???

Menanggapi hal tersebut, saya sempat men-tweet beberapa pendapat saya. Sila disimak.

Gak penting banget PT KAI bikin spanduk “KRL bersubsidi untuk yang Tidak Mampu”. Sungguh ini hal yang menghinakan dan mengecewakan.

Inti dari KRL ekonomi adalah pemenuhan transportasi yang murah. Bukan murahan. Ini seolah masyarakat ngemis untuk dikasihani.

KAI mencoba mengubah pola pikir masyarakat sedemikian rupa sehingga kita menganggap KRL Ko’muter Line adalah moda transportasi yang wajar.

Wajar dalam arti kata ‘harga segitu masuk akal’. Padahal faktanya tidak setiap orang memiliki ketersediaan pendapatan yang ‘wajar’.

Terlihat KAI tdk/blm kooperatif dengan kebutuhan masyarakat kereta api. Ada dua yang inti: ketepatan waktu & kerasionalan harga.

Seharusnya pihak KAI tahu akan kedua hal pokok ini. Namun faktanya tidak ada kejelasan yg cukup atas jaminan pelayanan tersebut…

Sebetulnya KAI tahu ATAU pura-pura tidak tahu ATAU tahu tapi tidak tahu harus bagaimana ATAU sungguh tidak tahu?

Dear KAI, masyarakat tak pernah menganggap tiap kebijakan kalian salah. Namun faktanya, kebijakan yang ada mengarah ke sana. #apabolehbuat

Tagged:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading #Tweet: Tanggapan atas Spanduk KRL Bersubsidi at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: