Sayembara Sospol 2011: Kebudayaan Indonesia-Malaysia

25 July 2011 § 1 Comment

halaman depan

Beberapa bulan ke depan BEM FIB Universitas Indonesia akan sibuk dengan acara yang bertemakan kebudayaan. Acara ini dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu perlombaan dan seminar. Perlombaan dalam sayembara sospol bertemakan hubungan sosial, budaya, dan politik RI-Malaysia. Tujuan dari sayembara ini adalah untuk mencari tahu tanggapan atau pandangan masyarakat, terutama mahasiswa terhadap hubungan antara kedua negara serumpun ini dalam berbagai bentuk perlombaan. Selain perlombaan, seminar juga menjadi bagian dari rangkaian kegiatan ini. Mahasiswa adalah insan inteleketual, maka kegiatan ini berusaha mencari titik temu dari permasalahan yang terjadi di antara kedua negara dengan mempertemukan kedua bangsa demi tercapainya hubungan yang lebih harmonis. Selain itu, seminar ini juga bertujuan untuk menjalin persahabatan kedua negara. Semua rangkaian acara ini didasari oleh tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat). Pasca acara ini, panitia berharap kepada peserta agar peserta dapat lebih bijak dan berpikir kritis dalam menanggapi konflik antara Indonesia dengan Malaysia terutama di bidang kebudayaan.

Tujuan dari kegiatan Sayembara Sospol adalah sebagai berikut:

  1. Menjalin persahabatan antara Indonesia dengan Malaysia
  2. Sebagai salah satu media informasi mengenai perkembangan hubungan Republik Indonesia dengan Malaysia, khususnya di bidang kebudayaan
  3. Mencari titik temu dari permasalahan kedua bangsa
  4. Salah satu media pendapat masyarakat terhadap permasalahan kebudayaan RI-Malaysia
  5. Mengembangkan pemikiran masyarakat agar lebih bijak dalam menyikapi konflik kebudayaan.
  6. Mengembangkan potensi yang dimiliki peserta dalam bidang seni dan budaya

Kegiatan ini dilaksanakan dalam dua bentuk. Kegiatan pertama adalah perlombaan membuat esai, puisi, fotografi, dan cerpen. Perlombaan tersebut bertemakan hubungan kebudayaan RI-Malaysia tetapi tidak menyinggung SARA. Perlombaan ini bukan hanya ajang pertunjukkan kemampuan saja, tapi juga ajang untuk memberikan pendapat dan opini peserta terhadap permasalahan kebudayaan. Kegiatan kedua adalah seminar kebudayaan, Kegiatan ini menghadirkan beberapa pembicara yang bergerak di bidang kebudayaan, politik, dan mengundang Atase Kebudayaan Malaysia untuk RI dan mahasiswa Malaysia sebagai narasumber. Kegiatan ini merupakan acara puncak Sayembara Sospol dengan konten acara seminar dan pengumuman  pemenang lomba.

Kami ingin mengajak kepada media-media, baik lokal maupun nasional untuk ikut andil menjadi media partner acara ini. Semoga dengan kerja sama ini kegiatan yang bertemakan kebudayaan ini dapat memberikan suatu pemahaman baru akan pentingnya pelestarian budaya, khususnya budaya Indonesia. Berikut Proposal kegiatan dari acara ini —> Proposal Kegiatan Sayembara Sospol 2011.

Tagged:

§ One Response to Sayembara Sospol 2011: Kebudayaan Indonesia-Malaysia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Sayembara Sospol 2011: Kebudayaan Indonesia-Malaysia at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: