Kuliner Betawi: Akar Kelapa

6 September 2011 § 6 Comments

Secara definitif, kuliner berasal dari bahasa Inggris [sumber: google translate], yakni “culinary” yang artinya ‘segala yang berhubungan dengan masakan’. Saya akan mencoba berbagi pengalaman kepada kawan-kawan menyoal kuliner betawi yang dari kecil sudah saya gandrungi. Kali ini saya akan mengupas makanan lebaran yang asli bikinan ibu saya: akar kelapa.

Akar Kelapa

Kenapa disebut dengan akar kelapa? Mungkin karena bentuknya mirip-mirip akar kelapa. Pertanyaan apa dan bagaimana nanti saja, sekarang mari kita ikuti pembuatan kuliner betawi ini dengan cara saya #OgiDiamondWays.

Pertama-tama saya akan beritahukan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan akar kelapa ini—kata ibu saya—tidak terlalu ribet.

  1. Tepung beras
  2. Tepung ketan
  3. Vanili
  4. Gula pasir
  5. Sagu
  6. Wijen
  7. Minyak goreng
  8. Kuning telur

Mudah bukan? Memang mudah. Tapi untuk membuatnya menjadi enak diperlukan takaran yang terperinci dan pas agar rasanya tiada terkira nikmat—seperti bikinan ibu saya. Kemarin saya sempat googling dan menemukan Resep Membuat Akar Kelapa yang berisi bahan-bahan apa saja yang diperlukan untuk membikinnya, seperti di bawah ini:

  1. 150 gr gula pasir
  2. 600 gr tepung beras
  3. 120 gr tepung ketan
  4. ½ sdt soda kue
  5. 2 kuning telur
  6. 100 gr mentega
  7. ½ sdt garam
  8. 400 ml santan kental
  9. Minyak goreng secukupnya

sumber: Resep Makanan.

Adakah perbedaannya? Iyap, ternyata ada bedanya. Masalah beda bahan, saya lebih yakin dengan ibu saya. Namun, bagaimana dengan kurangnya bahan yang ibu saya sebutkan? Bisa jadi pertanyaan saya yang kurang detil, makanya jawaban ibu tak selengkap resep di atas. IMHO.

Lanjut.

Cara Membuat Resep Kue Akar Kelapa:

  1. Tepung beras dan tepung ketan diayak hingga halus. Sisihkan.
  2. Kocok dengan mixer kuning telur, mentega, gula dan bahan-bahan lainnya sampai lembut. Masukkan campuran tepung yang sudah halus tersebut dengan soda kue. Lalu, aduk sambil dituangi santan.
  3. Cetak adonan dengan menggunakan cetakan kue semprit. Belum tahu bagaimana rupa cetakan kue semprit? Nih, cetakannya lagi saya gunakan yang kayak begini ini…

    cetakan kue semprit

  4. Goreng dalam minyak yang panas. Bentuk cetakan-adonan tersebut hingga seperti ini…

    Kayak begini….

  5. Balik cetakan-adonan tersebut sesekali secara berkala hingga warna kecoklatan begini…

    Udah kecoklatan, tuh

    Siap dimakan : )

    Mau tahu gimana rasanya? Beugh…nikmat! Enak gila! Cobain, deh…

Tagged: , , , ,

§ 6 Responses to Kuliner Betawi: Akar Kelapa

  • Nn says:

    G pernah liat akar kelapa…😄

  • syera says:

    iseng mencari resep akar kelapa, malah nyasar ke blog ini..ya ampun, ternyata cowo juga bisa bikin akar kelapa ya?hehehe
    hebat, krn aq berasal dr keluarga betawi, jadi cukup mengenall ttg akar kelapa.
    sekarang malah lagi kepengen banget kue itu, tp susah mendapatkannya krn sedang merantau sendirian di Makassar utk bekerja..
    oya, sedikit koreksi, soda kue itu salah satu bahan pengembang kue, beda dg vanili..
    salam kenal
    -syera-

  • opie says:

    _
    I )
    / /
    / \____
    /’ (___))
    / __/ (___ ))
    / (___))
    :D//\_____(__ )/
    /’
    ‘ /’\ nanti gw coba resep akar kelapanya ° • · ♥·♡ ΤНÄИΚ ЧÖÜ ♥·♡ · • °‎​‎​ yach

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Kuliner Betawi: Akar Kelapa at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

