Kala Senja di Selasar Kampus

28 September 2011 § 3 Comments

Selasar Gedung VI mengesankan dirinya bahwa itulah tempat terbaik di kala petang. Cakrawala mulai beralih citra, menjingga. Sebuah isyarat langit akan usainya kegiatan perkuliahan. Lamat-lamat koar-bising yang sedari pagi tercipta dari kantin sastra menguap juga, seiring condongnya matahari di balik Jembatan Teksas. Rupa-rupanya senja datang tepat pada waktunya.

Sepi meliputi senja, itu yang terasa. Kehadirannya membuat udara tersublim membeku. Kaku, tak bereaksi di antara ketiadaan orang-orang yang melaluinya. Pun yang terasa hanya lengang saja—karena kawan-kawan dan mereka yang lalu-lalang di jalan setapak sudah tak lagi nampak. Sayup-sayup yang terdengar hanya muncul dari asal yang tak diketahui rimbanya.

Di sini hanya ada kita berdua. Berdiam dan masing-masing tak berlaku apapun kepada yang lain. Diamnya kita adalah curahan rasa tak terkira. Saling tatap dan memandang satu sama lain; menyarikan apa yang tak dapat dirasa, mengeja apa yang tak terbaca, memahami apa yang tak terlihat mata. Tak lama sungging senyum tampak di kedua bibir kita. Lama-lama menjadi kegelian yang menggoyangkan pipi nan merona. Kemudian meledaklah tawa.

Gemas! Ingin rasanya mencubit kedua pipi yang merona jingga seperti senja, sedari dulu. Sesekali—entah di rehat makan siang atau bahkan di kelas—pipi itu seolah mengajak tangan ini menjawil mesra. Tak terkira bayangan indah tertangkap dalam imaji, pipi menggemaskan itu tercubit lembut dengan bibir ini. Senja kiranya tak marah ataupun melarangnya.

Penat telah berlalu. Tawa renyahmu mengalihkan lelah-gundah yang gunung-gemunung. Menjadi jelaslah diri di hadapan ini yang menjadi semesta di kala senja. Dan senja yang tak kunjung bersorak-sorai, rupanya telah terperdaya oleh pesona yang menawan hati dan rupa. Kamu.

Tagged: ,

§ 3 Responses to Kala Senja di Selasar Kampus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kala Senja di Selasar Kampus at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: