Zulfian Prasetyo

11 October 2011 § 7 Comments

Ia seorang penulis. Penulis komedi, tepatnya. Wajahnya berparas ganteng. Tidak heran teman-temannya menyebutnya “si Ganteng” Dude Herlino. Sosoknya bak Achilles di negeri para dewa. Maka, tidak jauh-jauh komedi yang direkanya adalah seputar ganteng dan kegantengannya. Namanya Zulfian Prasetyo.

Zulfian adalah komedian dengan karya berbentuk tulisan. Humor-humornya dibuat layaknya sebuah masakan. Kelucuannya itu dibuat dengan racikan sedap ala punchline. Lalu menjadi terasa segar dengan tambahan bumbu diksi yang nyeleneh. Tidak sampai di situ, ceritanya pun menjadi lebih  bahan-bahan cerita yang sangat menggoda serta menarik perhatian pembaca.

Ia terinspirasi oleh penulis komedi kenamaan, baik yang lokal maupun yang dari luar. Sebut saja Adhitya Mulya dan Raditya Dika yang merupakan salah dua penulis komedi dari negeri sendiri, serta David Sedaris, penulis komedi dari Amerika Serikat. Merekalah yang membuat Zulfian terbersitkan ide untuk menulis buku dengan genre komedi. Gaya komedinya, bentuk bukunya, dan hampir semua tema tulisannya mirip dengan tulisan mereka.

Buku-buku yang telah terbit di toko buku se-Indonesia adalah Diary Dodol Pelajar Konyol dan Panjul’s Diary. Diary Dodol Pelajar Konyol adalah buku pertamanya yang diterbitkan pada tahun 2009 oleh Penerbit Forum Lingkar Pena. Buku keduanya, Panjul’s Diary, yang juga di terbitkan oleh Forum Lingkar Pena (Lingkar Pena Publishing House—peny.) dirilis pada tahun 2010. Jika tak ada halangan, akhir tahun ini atau awal tahun depan buku ketiganya sudah naik cetak.

Zulfian tidak melulu bicara soal humor dan lucu. Dalam karya-karyanya itu, Zulfian tidak hanya ingin berusaha melucu, tetapi juga ingin mengajak pembacanya untuk merefleksikan diri terhadap kehidupan yang dilaluinya. Terlihat “petuah-petuah” sotoynya dalam tulisan berjudul “Tips Ngasih Hadiah Ultah yang Yahud” (hlm.137). Selain itu, ia pun mencoba beranalisis seilmiah mungkin dengan “Demo” (hlm.39).

Zulfian adalah penulis yang penuh dengan mimpi dan angan-angan. Ia punya mimpi dan harapan menjadi penulis besar. Suatu saat nanti—5 tahun lagi barangkali—ia dengan tulisan-tulisannya dapat menjadi inspirasi bagi anak-anak muda untuk bisa menjadi manusia Indonesia yang berguna bagi bangsanya. Kita doakan saja semoga cita-citanya terkabulkan tepat pada waktunya.

Tagged: ,

§ 7 Responses to Zulfian Prasetyo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Zulfian Prasetyo at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: