Buku Akhir Tahun

7 December 2011 § 3 Comments

Senang sekali rasanya saat kita bisa membeli buku dengan jerih payah kita sendiri. Suatu kebanggaan yang “tak bisa dijelaskan oleh kata”. Apalagi jika buku yang kita beli itu adalah buku yang sangat berharga (baik dilihat dari harga maupun dari non-harga).

Sebulanan ini saya sudah “berbelanja” buku lumayan banyak. Lain dari pada belanja yang biasa di Gramedia, kali ini saya memborong buku-buku yang tergolong bekas. Buku-buku ini saya dapat dari dua event di Jakarta, yakni Indonesian Book Fair di Istora Senayan dan Festival Pembaca Indonesia di Area Pasar Festival. Alhamdulillah buku-bukunya berkwalitet tinggi dan berkelas!

Dalam acara Indonesian Book Fair (IBF) kali ini saya tidak mengambil banyak (baca: memborong) buku. Alasannya karena inflasi yang masih stabil di kisaran 11–12%. Ini buku yang didapat dari IBF:

1. DI BAWAH CENGKERAMAN ASING oleh Wawan Tunggul Alam

DI BAWAH CENGKERAMAN ASING

didapatkan dengan harga Rp12.000 di stan Ufuk Press.

2. Apakah Ikan Merasa Haus? Mengapa Terkadang Kita Kesemutan? oleh Mick O’Hare

Ikan haus? Kaki kesemutan?

didapatkan dengan harga Rp8.000 di stan Ufuk Press.

Bookswap & Diskusi Buku
Alhamdulillah karena saya mengikuti acara Festival Pembaca Indonesia hari minggu lalu. Saya mendapat banyak buku bagus yang bisa saya bawa pulang ‘tuk dinikmati. Apalagi buku-buku tersebut bukan dibeli, melainkan ditukar dengan buku lain yang saya punya. Cara mendapatkan buku dengan jalan barter di atas disebut bookswap.

1. Dunia Sophie oleh Jostein Gaarder

Dunia Sophie

Saya mendapatkannya saat bookswap pertama pukul 10.00. Beruntung masih sepi jadi langsung saja saya embat. FYI, kwalitet cetakannya kurang bagus dan kurang meyakinkan. Bisa jadi ini buku yang berkwalitet KW. Buku ini saya tukar dengan Diorama. Huf…

2. The Alchemyst: The Secrets of the Immortal Nicolas Flamel oleh Michael Scott

Cover-of-The-Alchemyst

Pas lagi nunggu waktu dimulainya bookwar, tiba-tiba ada orang yang menghibahkan bukunya untuk dibookswap. Salah satunya The Alchemyst. Saya bengong gitu. Bagusnya ngga ada yang ‘ngeh dan langsung saja saya ambil. FYI, kwalitet fisiknya masih bagus, cuma ada beberapa halaman yang sudah kumel gegara terkena air! Buku ini saya tukar dengan -saya lupa buku apa-

3. Puss in Boots and Other Stories oleh Anne F. Rockwell

Puss in Boots

Saya dapat di rak buku-buku lama impor. Hadiah untuk seseorang.

4. 40 Days in Europe oleh Maulana M. Syuhada

40 Days in Europe

Didapat saat bookwar, di mana saya harus berebut menukarkan satu buku dengan buku berkwalitet bagus yang disediakan penyelenggara. Saya tukar dengan buku 9 Matahari.

5. Meraba Indonesia oleh Ahmad Yunus

Meraba Indonesia

Didapat karena memberikan pertanyaan berbobot kepada penulis. Bukunya insya Alloh dikirim lewat pos.

Itulah buku-buku yang saya dapat bulan ini. Buku-buku tersebut tidak dibeli kecuali dengan “harga” yang murah. Semoga buku-buku ini lebih bermanfaat ketimbang buku-buku lainnya🙂

§ 3 Responses to Buku Akhir Tahun

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Buku Akhir Tahun at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

