Penyakit!

26 June 2012 § 4 Comments

Males nulis itu penyakit. Sampe sekarangan ini gua masi aja ngidap penyakit yang menyedihkan ini. Idih.

Ga ngerti lagi musti ngapain buat ngobatinnya. Keknya nelen aspirin pun–ato malah broklat–ga bikin gua brojol kata-kata untuk nantinya dirangkai jadi tulisan. Ga ngerti, bener dah!

Ide mah banyak. Serius. Topiknya udah ada, udah terkonsep rapi. Gampil buat nampilin ide dari bohlam yang tetibaan nyala di atas pala. Banyak, banyak, banyak. Ide mah banyak. Nih kalo gapercayaan mah, gua kasitau: Ripiu Live with Walkman, lagu dangdut en lagu-lagu Bollywood, Ngulas Gubernur Jakarta, Ripiu buku Garis Batas, Ripiu buku biografi Raden Saleh, en masi banyak ide-ide laen yang bikin pala gua kelimpungan mikirinnya. Mangkanya kadang-kadang ide-ide semacem di atas gua catet langsung di notes biar ga kelupaan. Dan dengan naasnya ide-ide itu makin gersang aja gegara ga dipratiin.

Kenapa ide-ide itu ga bisa langsung jadi tulisan–malah cuma jadi barang “setengah jadi” kek begitu? Kenapah?

1. Idenya ga langsung ditulis en dipaparin. Ini nih yang bikin penyakit nulis jadi tambah nagih. Didiemin. Harusnya ada ide, ditulis; langsung
2. Terlalu dipikirin idenya, ga selaras dengan pendokumentasiannya alias kaga ditulis. Tuh buktinya di atas, ide-ide itu dijembrengin kek gitu aja, ga dikembangin lagi. Tulisan jadi terbengkalai…Nah, jadilah cucian demek.
3. Bahan bacaan kurang. Mau nulis apa kalok yang pengen ditulis aja ga tau apaan? Ya begini nih kalok males baca; males pulak nulisnya. Imbas, itu imbas. Jangan nafikan itu. Apapun, orang tahu sesuatu itu dari membaca. Entah membaca buku, tulisan di jalan, pertanda di lapangan. Apapun, itu dengan membaca. Nah, guanya aje yang malesin, jadilah si males nulis. Hyeh.

Anyway, kembali ke penyakit males ini. Sekian.

Tagged: , , ,

§ 4 Responses to Penyakit!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Penyakit! at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: