Festival Pembaca Indonesia 2012

16 December 2012 § Leave a comment

Festival Pembaca Indonesia 2012

Ahad lalu (09/12) gua melihat acara tahunan Festival Pembaca Indonesia di GOR Soemantri Brojonegoro. Acara ini merupakan apresiasi dari pembaca Indonesia kepada penulis-penulis yang telah menelurkan karya-karyanya. Ini adalah tahun ketiga FPI dilaksanakan.

Acaranya seru-seru. Ada GRI Amazing Race, yakni permainan yang diikuti oleh beberapa kelompok yang masing-masing dan harus menyelesaikan seluruh tantangan yang diberikan. Apa syaratnya? Syaratnya itu harus senang dengan buku. Itu karena tantangan di dalam permainan ini akan berkaitan dengan buku. Setiap tim nantinya akan terdiri dari 4 (empat) orang dan panitia yang akan membentuk timnya. Seru, sih. Tapi saat itu gua ga sempet daftar dan kemungkinan terlambat untuk ikut hehe.

Di Festival itu ada pelbagai komunitas yang berkaitan dengan buku. Sebut saja Bloggers Buku Indonesia, Kaskus Serapium, Sahabat Balada Si Roy, dan sebagainya…yang ga gua sebut satu-persatu tetapi ga mengurangi rasa hormat kepada mereka. *aih*

Selain komunitas, adapula peserta pameran yang mewakili dirinya sendiri alias peserta perorangan. Yang pertama ada Mas Aldo Zirsov. Mas Aldo ini sejak awal FPI 2010 telah ada dan selalu mengambil tema yang berbeda-beda. Tahun ini ia mengambil tema Bapak Bangsa. Ada banyak sekali buku-buku lama yang berkaitan dengan Bapak Bangsa semisal Soekarno, Hatta, Tan Malaka, dan beberapa lagi yang telah amat berjasa membangun Indonesia.

Peserta perorangan yang satunya lagi adalah Gieb. Ia adalah peserta dengan koleksi-koleksi buku Pram serta sastrawan sayap kiri. Begitu banyak buku terkait komunis (PKI) yang dipamerkan, membuat gua merinding. Apalagi ada lebih dari duapuluhan buku karya D.N. Aidit (petinggi PKI) yang dipamerkan. Betapa tahun-tahun Orde Lama itu sangat neraka bagi orang-orang sayap kiri tersebut. Usaha yang dilakukan Gieb boleh dikata merupakan tindakan berani sekaligus menakjubkan. Ini salah satu bentuk apresiasi Gieb terhadap karya sastra, apapun bentuk dan isinya.

Acara utamanya tentu aja adalah pembacaan insan perbukuan terfavorit pilihan pembaca yang disebut dengan Apresiasi Pembaca Indonesia. Mereka dipilih berdasarkan genre fiksi, puisi, nonfiksi, serta komik. Selain itu, ada pula pemilihan sampul terfavorit dari genre tersebut. Berikut adalah daftar lengkap insan perbukuan tersebut:

1. Penulis dan Buku Fiksi Terfavorit: Negeri Para Bedebah oleh Tere Liye
2. Penulis dan Buku Non Fiksi Terfavorit: How To Master Your Habits oleh Felix Y. Siauw
3. Penulis dan Buku Puisi Terfavorit: Mata Ketiga Cinta oleh Helvy Tiana Rosa
4. Penulis dan Buku Komik/Novel Grafis Terfavorit: 33 Pesan Nabi Vol. 2: Jaga Hati, Buka Pikiran oleh Vbi Djenggotten
5. Sampul Buku Fiksi Terfavorit: Berjuta Rasanya oleh Mano Wolfie
6. Sampul Buku Non Fiksi Terfavorit: How To Master Your Habits oleh Tim Khilafah Press
7. Sampul Buku Puisi Terfavorit: Dear You: Demi Apa? Demikian Aku Mencintaimu oleh Dwi Anissa Anindhika
8. Sampul Buku Komik/ Novel Grafis Terfavorit: 33 Pesan Nabi Vol. 2: Jaga Hati, Buka Pikiran oleh Vbi Djenggotten

image

Mengomentari soal para insan perbukuan tersebut, boleh dibilang ini tahunnya penulis-penulis bernuansakan Islam. Sebut saja Penulis dan Buku Fiksi Terfavorit yang dimenangkan oleh Tere Liye dengan buku Negeri Para Bedebah-nya (kalok ga percaya, baca aja bukunya yak -,-), kemudian ada Felix Y. Siauw dengan How To Master Your Habits yang memenangkan kategori Penulis dan Buku Non Fiksi Terfavorit. Dan di kategori nomor 3, 4, 6, dan 8 juga begitu. Wow, hebat!

Setiap tahun, gua ga ketinggalan menghadiri seluruh rangkaian acara ini. Bahkan di dua tahun terakhir, FPI 2010 dan FPI 2011, gua selalu mengikutinya sampai akhir acara. Namun, tahun ini ada yang berbeda. Gua bahkan ga sempet-sempetin menyaksikan secara langsung delapan insan perbukuan terfavorit pilihan Pembaca Indonesia tahun ini. Apa alasannya? Yak, alasannya adalah gua bad mood gegara jadwal bookwar acak-acakan.

image

Gua kecewa karena ternyata jadwal bookwar dipercepat setidaknya seperapat jam sebelum waktunya. Dan apa dalih panitia? Katanya, “Soalnya udah banyak yang kepingin sih, Mas.”

HAKLJDSFLKAJSDFLAKSFLDKLGFSD;FDSLLL!!!!

Yoweslah, gua mending ga ikut sampe akhir. Toh kalo gua ga ikut, panitia ga rugi juga. Setelah mengikuti bookwar yang “berjadwal” 13.30, gua langsung cuus balik. Gua pun ga liat sampe akhir pembacaan Apresiasi Pembaca Indonesia tahun ini.

image

Tagged: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Festival Pembaca Indonesia 2012 at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: