Temali Perjalanan

18 January 2013 § Leave a comment

“Gue dari Jakarta juga, sih…” jawabnya setelah Mamet nanyain asalnya dari mana. Sebagai sesama backpacker-an dan sesebayaan, udah sewajarnya saling suit saling kepo.

Sama dooong~~~”

****

Rada gak nyangka juga sih, di Jogja bisa ketemu sama backpacker yang sama-sama dari Jakarta. Dibilang “gak nyangka” karena surpraise ketemu kawan sekota. Dibilang “rada” karena sudah umum juga kan warga ibukota jalan-jalan ke Jogja. Gitu aja sih…

Kalo ada Mamet, udah deh…sediem-diemnya orang bisa aja diajak ngobrol, orang yang tadinya ga kenal pun jadi akrab bener. Gampang banget buat tanya sono tanya sini, ngobrolin apa aja ngalor-ngidul.

“Udah sering ke mari (Jogja)?” tanya Mamet.

“Baru dua kali nih,” jawabnya.

“Udah ke mana aja?” Nah, ini nih! Pertanyaan ini sering kali jadi bahan basa-basi, tapi kali ini entah kenapa jadi topik yang seru buat diomongin.

“Udah banyak sih. Bunaken udah, Lombok udah…Raja Ampat juga udah.” Jawabnya enteng banget.

“Wooanjeeer! RAJA AMPAT!? Serius !!?? Enak banget! Mahal kan yaa??? Gimana caranya tuh?” pertanyaan-pertanyaan takjub pun bermunculan. Rada gak nyangka aja dia bisa sampe keliling Indonesia semuda itu.

“Ga mahal kok. Gratis malah!”

“Lah, kok bisa???” Mulai saat itu setiap pertanyaan yang diajuin ke dia pake narik urat semua.

“Bisa. Ini dari Kemenpora lho.” (See ? Jangan lagi nyinyirin Roy Suryo yee kalok ngebet jalan-jalan keliling Indonesia pake gratis).

“Serius??? Gimana caranyaaaahhhh?” nada suaranya mulai ofensif.

“Sederhana, sih. Kita ngajuin proposal ke sana. Bikin esai: kenapa Kemenpora harus sponsorin kita ke sana, apa yang jadi motif kita pergi ke sana, juga apa manfaatnya (buat Kemenpora, diri sendiri, dan masyarakat). Kayak gitu lah.”

“Wah, asik. Gampang bener dong,” kata gua, nyeletuk.

“Njeee, gampang. Sok banget lo! Mentang-mentang anak sastra…” timpal yang laen.

“Jadi gimana? Gimana?”

“Nih, pertama-tama lo harus buka situs Kemenpora dulu. Biasanya ada pengajuan-pengajuan untuk jadi volunteer objek wisata. Kayak Bunaken tadi. Belitung…”

“Belitung juga udah pernahhhhh???” tanya lagi, ga santai.

“Udah hehe:mrgreen:

“Buset, udah ke mana aja sih lo emangnya????” tambah gua, nyolot.

“Banyak deh kalo diceritain. Kebanyakan sih emang ngajuin proposal gitu, tulis esai, dst..dst..”

“Emang bener ada ya yang kayak gitu? Gua baru tau loh..”

“Coba aja masuk ke situsnya Kemenpora. Pasti ada deh. Ya tapi engga setiap saat. Ada waktunya. Bulan ini, misalnya. Pas bulan itu…kaya gitu.”

“…”

“Sebenernya engga dikasih gratis gitu aja sih. Yang dapet sponsor itu juga diberi uang jajan juga.”

“WUIH, YANG BENERRR!???”

“Gua malah waktu ke Wakatob—”

“—Lu juga udah ke Wakatobi????” tanya gua, nge-distract.

“Iya, udah. Waktu itu gua ke sono, uang jajan gua utuh. Oleh-oleh dapet juga dari sponsornya.” katanya sambil ngakak.

ANCUR!! Mantep bener, keliling Indonesia gratis! Dah gitu dijajanin!! Ckckck.

Gini nih enaknya punya kenalan temen pas lagi jalan-jalan. Pastinya selain tambah iketan pertemanan, juga nyiptain satu jaring-jaring informasi. Yang paling enaknya, kalo kita mau jalan-jalan ke tempat kenalan, bisa diajak ke spot-spot menarik yang mungkin jarang media dan orang-orang tau. Duh asiknya~~

Percakapan masih berlangsung,

“Lo kerja? Atau masih kuliah?”

“Gua kuliah. Angkatan 2010, sih.”

“Emang kuliah di mana?”

“di Vokasi, gua jurusan Pariwisata. Di Vokasi UI.”

“Ooooo….”

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Temali Perjalanan at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: