Tempat Wisata & Kuliner Oke di Jogja by Pethakilan

2 February 2013 § 6 Comments

Ngomongin Jogja itu ga bakal ada abisnya! Selalu ada magnet yang narik-narik buat ke sana lagi. Serius, rasanya tuh kayak ada yang kurang en pengen balik lagi.

Dulu sempet panik, gimana ya backpacking ke Jogja? Apa langsung jalan-jalan ngiterin Jogja ga jelas tujuannya gitu aja atau saklekin dulu spot-spotnya? Dulu mah bingung. Tapi pas gua November tahun lalu coba Backpack ke Jogja, wuih, asik-asik banget!

Waktu itu gua cuma ke destinasi yang terkenal-terkenal aja, kayak Prambanan, Borobudur, en Parangtritis. Belom sempet ngeksplor tempat-tempat yang ajigile muantepnya. Belom, waktunya belom nemu soalnya hehehe. Nah, kali ini gua mau ngebagiin pengalaman pethakilan yang udah tau luar-dalem Jogja. Berikut aljabarnya:

1. Kaliurang
Inget banjir lahar dingin Merapi kemaren? Nah, kalo mau wisata bencana (bahasa gue ––”) ke sini deh. Manggap aja sih palingan di sana. Speechless ! Oh ato ke Museum Ullen Sentalu, itu posisinya masih di Kaliurang. Elo kudu harus wajib ke sini. Dua kata doank: TOP BGT!

2. Taman Sari
Hobi foto-foto ato suka jadi objek foto? Ini lokasi masuk dalem daftar wajib kunjung. Arsitekturnya kuno-kuno mistis keren gimana gitu. Mesjid bawah tanahnya juga. Pesen gue cuma atu kalo ke sini, jangan sembarangan ngomong/bertingkah, bisa lsg di’bales’! :D

3. Kota Gede
Hobi belanja? Pengen belanja perak? Jangan di malioboro, tapi di sini. Bisa rekues juga mo model kayak apa. Dari usaha rumahan sampe toko gede, banyak di sana. Plus kalo ke kota gede bisa sekalian cuci mata dan poto-poto karena daerah ini kesannya lawas (menurut gue), rumah-rumahnya masih tradisional dengan arsitektur yang Jawa banget.

4. Warungboto
Ini bukan tempat makan ya, tapi situs sejarah. Ga megah model taman sari, tapi hm.. apa ya, cobain aja sendiri, bingung gue ngegambarinnya. hehehe..

5. Pantai
Jogja punya banyak banget pantai. Dari yg paling rame sampe yg paling bagus. Gugling aja karena ada banyak. Saran gue sih, mending ga usah ke prangtritis (hahaha kesindir nih guaaa !!)

Segitu aja dulu kali ya, sisanya coba gugling aja. Itu the most tempat yang gue sering datengin kalo lagi pengen nge’rasa’in Jogja. Karena jogja makin kayak jakarta sekarang. Oh iya, jangan lupa foto-foto di TUGU & pegang tugu (bukan stasiun tugu loh). Itu wajib hukumnya, biar bisa balik lagi ke Jogja, katanya. hehehe..

Tuk kuliner, selain Angkringan Lik Man (kopi joss) yg udah ditulis bang ogi di atas;

1. Bakmi Shibitsu
Ada di daerah jalan bantul, agak jauh dari pusat kota, tapi ENYAK.

2. Kafe Semesta
Daerah kota baru. Mau ngerasain anak-anak Jogja kayak gimana kalo nongkrong? Ke sini deh. Cari waktu agak malem. Ga ada yang terlalu spesial emang selain kadang bisa nemuin komunitas-komunitas seni di sini. Tuk kuliner pun standar khas kafe2 Jogja, tapi suasananya.. bakalan berasa kayak anak Jogja gitu deh.

3. Gudeg
Kalo doyan gudeg, cari aja sepanjang Jalan Wijilan. Gue ga terlalu doyan gudeg krn tll manis (sama !) so ga bisa ngerekomenin mana yg enak. Kata orang-orang sih Gudeg Gudeg Bu Tjitro. Katanya loh.

4. Nasi Goreng Beringharjo
Ada di Jalan Mataram, pas di pertigaan ketiga sebelah kiri ke arah jalan yang menuju ke Pasar Beringharjo. Ga tau pasar Beringharjo dmn? Tuh ujungnya Malioboro. Enyak. Btw, ni nasi goreng juga nyediain nasgor B2. So kalo bukan pemakan b2, be carefull pas mesen ya. Tapi tenang aja, ayam/babinya dimasukin terakhir pas nargor udah jadi di piring pake alat masak yang terpisah. santai aja.

5. Soto Sapi “Joss”
Infonya bisa dicek di laman sotosapijoss.blogspot.com.

Segitu dulu aja kali ya. Hem, enak nih kayaknya jalan-jalan lagi ke Jogja. Nyok cuuus naek Progo:mrgreen:

Tagged: , , , , , , , , , , , , ,

§ 6 Responses to Tempat Wisata & Kuliner Oke di Jogja by Pethakilan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Tempat Wisata & Kuliner Oke di Jogja by Pethakilan at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: