Mice Cartoon: Football’s Coming Home! 「Resensi Buku」

17 May 2013 § 2 Comments

Mice Cartoon: Kamus Istilah Komentator Bola / Football's Coming Home!Mice Cartoon: Kamus Istilah Komentator Bola / Football’s Coming Home! by Muhammad Mice Misrad

My rating: 4 of 5 stars

Mice sebagai bocah yang dibesarkan di perkotaan merasa ngenes dengan lingkungan masyarakatnya yang telah kehilangan area bermain, khususnya permainan yang di lakukan di lapangan. Dulu adalah surga bagi anak-anak untuk bermain sepuasnya di tanah kosong—untuk bermain bola plastik ataupun permainan lainnya yang membutuhkan area luas.

Bola plastik adalah permainan yang amat digemari oleh anak-anak jaman dulu—paling kaga waktu generasi gua—di lapangan kosong. Mainnya seabis ngaji—sekitar jam 4 sore. Kadang di lapangan bola, tapi seringnya di aspal. Entah areanya itu besar atau kecil, entah ada gawang plus jaringnya atau hanya meletakkan sandal-sandal sebagai perlambang gawang; anak-anak girang bener nyeker nendang-nendangin itu bola.

Bola plastik, bola yang jelas-jelas terbuat dari plastik ini punya ciri khas yang engga dipunyai oleh bola bliter. Bola plastik punya inti atau pusat yang disebut dengan batok. Bola plastik kan dibuat dari sepasang setengah lingkaran yang disatuin. Batok ini adanya di ujung sambungannya, ujung dari penempelan bola plastik itu. Jangan coba-coba buat nendang bola pas di bagian batok kalo gamau benjut itu kaki.

Selain itu, bola plastik punya kegalauan setingkat layangan. Arah tendangan bisa amat kencang dari biasanya (jikamana searah dengan angin) atau amat pelan kayak melayang-layang gitu aja di udara (kalok bertolak belakang dengan arah angin. Seru bener deh!

Setiap hari pasti beli bola. Boros banget, yah? Iya, soalnya tiap kali main diakhiri dengan pecahnya itu bola. Bolanya emang rentan banget pecah. Supaya meminimalisasi ke-pecah-an, biasanya bolanya dilobangin pake benda yang kecil, misalnya peniti. Selain biar ga gampang pecah, itu juga berguna supaya bolanya independen en ga terlalu galau kerna angin.

Hal favorit temen-temen gua pas main bola adalah mentokin bola tembok. Jadi, di lapangan deket rumah itu ditembokin sisi-sisinya. Untuk maksimalin tempat, maka kaga ada aturan bola-keluar-lapangan, kecuali ngeliwatin tembok. Nah, Temen-temen gua yang emang dari rahim emaknya udah kreatip maka jadilah tembok itu rekan one-twonya. Asik, kan?:mrgreen:

Tapi, itu dulu…

Sekarang masa-masa itu udah liwat. Udah engga ada lagi tanah kosong. Udah engga ada lagi lapangan bola. Udah engga ada lagi kesenangan bocah riang yang bermain di area umum. Yang ada hanya bangunan-bangunan luas nan tinggi dengan desain minimalisnya yang menampung orang-orang kaya bak penguasa kota Jakarta.

Mice amat mengingatkan masa lalu gua. Mice mengembalikan ingatan masa kecil yang asyik tak tertanggungkan. Dan sekarang gua harus menginsyafinya. Dan mereka, bocah-bocah belia itu, harus menghadapi masa-masa yang penuh dengan kekinian.

View all my reviews

§ 2 Responses to Mice Cartoon: Football’s Coming Home! 「Resensi Buku」

  • syera says:

    Iyaa,jd kangen jaman 90an..
    Pas anak2 blm kenal gadget,tmn main mrka ya bnr2 tmn.bukan hp,tab dsb kya skrg..
    Aduhh klo gw pny anak nti ga mau ah kya gini.gw mw ngenalin anak2 gw nti sm asiknya dunia luar..🙂
    Dipikir2 enak jg ya jdi anak kampung.jauh lebih byk kenangan masa kecilnya

    • ibnumaroghi says:

      Sekarang bocah-bocah itu ga kenal yang namanya tanah kerikil yang bikin kotor, rumput ijo yang bikin gatel, dan permainan-permainan tradisional yang bikin akrab pertemanan. Sekarang makin menjauh dengan adanya “kawan-semu” itu.
      :ngenes:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Mice Cartoon: Football’s Coming Home! 「Resensi Buku」 at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: