Reborn Pentax K-01: Blue-White

8 July 2013 § Leave a comment

Baru-baru ini situs resmi Pentax Jepang ngerilis hadirnya varian baru kamera mirrorless K-01. Yasik, kamera yang didesain langsung sama Mark Newson (jangan tanya dia itu siapa) diproduksi masal lagi. Ehem, cuma di Jepang tapi. Dilihat dari speknya sih ga berbeda dari keluaran sebelumnya. Hanya saja, kamera ini dibalut dengan campuran warna biru dan putih. Ngejreng yak:mrgreen:

Pentax K-01

Kamera mirrorless ini emang terbilang unik. Bodinya semacam SLR wannabe gitu. Disebut mirrorless, tapi beratnya setara sama Kamera SLR (540 gr!!!). Dibilang kamera SLR, tapi kaga punya viewfinder. Dan bad news-nya, sekarang buat konsumsi global malah udah discontinued😦

Dulu di awal perilisannya harganya mencapai 9 juta. Mahal beud. Ga bakal gua waktu itu ngelirik barang sekilas. Berangsur-angsur, hampir tiap dua bulan sekali harganya terkoreksi menurun. Drastis pulak! Di beberapa bulan terakhir bahkan mencapai titik 3,6 juta. Ajigile murah emen!

Ga semua orang juga sih nganggep harga segitu murah. Tapi menurut gua, 3,6 juta itu udah murah banget!! 3,6 juta udah dapet mirrorless dengan sensor CMOS yang APC-S. Tahu dong kamera-kamera mirrorless itu biasanya pake sensor yang segede apa. Merek-merek ternama pun ga berani ngasih sensor segede gitu. Olympus, Panasonic, en Fuji mungkin kaga bikin yang segede itu. Maksimal four-third lah. Nikon aja yang udah bikin seri mirrorless-nya, mulai dari J1—J3,V1—V2, en yang teranyar S1, masih mandek di sensor 1″. Canon EOS M aja nih (22.3 x 14.9 mm) juga Sony Nex 3NL-nya (23.5 x 15.6 mm) yang hampir sama sensornya, 11-12 lah dengan K-01 (23.7 x 15.7 mm). Yang jadi kelebihan K-01 ya harganya yang udah jauh beda sekarang:mrgreen:

Kelebihan lain dari Pentax K-01 ini adalah disematkannya “mulut” KAF seperti kamera SLR Pentax. KAF-Mount (atau dalam beberapa kesempatan disinonimi dengan K-mount) telah menjadi standar bagi SLR Pentax berpuluh-puluh tahun yang lalu. So, K-01 udah dianggap sebagai “keluarga” bagi K-mount Pentax, lensa yang udah berjumlah 90 buah itu bakalan compatible dengan K-01 ini. Beda dari merek lain yang menciptakan mount baru bagi kamera mirrorless-nya (anjirlah ini gua kayak brand ITC Kuningan aja mamer-mamerin kelebihan produk gini).

Kalo dibandingin ama yang lainnya, Pentax K-01 ini emang ga ada perbedaan yang signifikan lagi. Sama aja deh kayaknya. Tapi dari segi lensa mungkin ada kali ya. Salah satu yang bikin gua kesengsem dari K-01 ini adalah lensa kit-nya! Bundel kamera ini disandingin dengan lensa fixed “pancake” yang super tipis PENTAX-DA 40mm F2.8 XS!!! Aduh, bikin ngiler kalo ngebayangin pas makenya. Manual zoom-in zoom-out😛

Kadang, orang-orang punya pertimbangan untuk lebih memilih SLR yang lebih gede bodinya ketimbang mirrorless gegara pemakaian batre yang lebih hemat. Udah kita ketahui kamera digital itu boros di LCD-nya. Pemakaian LCD yang merupakan harga mati bagi camdig (juga mirrorless) mengakibatkan pemakaian batre yang jauh lebih boros ketimbang SLR. SLR enak ada viewfindernya, jadi menghemat batre. Dah gitu, viewfinder lebih asik buat ngebidik objek foto dibanding LCD karena kurang realtime (buat beberapa kamera mirrorless). Namun begitu, LCD dari Pentax ini rupanya lebih hemat batre. Bayangin aja, dari satu kali charging batre, K-01 ini bisa njepret sampai 540 biji foto! Bayangin aja! (nulis dobel, untuk penekanan).

Begitulah. Sejak ngeliat daftar harga kamera di tokocamzone.com (lagi-lagi gua semacam keceplosan adlib ginih) pas bagian ILC (Interchangeable Lens Camera) tau-tau firstsight fallin’ in love gitu. Hahaha lebai. Iya, beneran. Tergiur dengan harganya yang miring abis!

Trus gua kepo-kepo gitu di pelbagai forum pentax. Cari-cari info gitu tentang plus-minusnya. Dan agak terguncang juga denger kabar bahwa kamera ini udah discontinued di negara pemroduksinya😦 Semoga beberapa bulan kemudian masih ada sisa-sisa peninggalannya, yang masih BNIB tentunya. *brb beli celengan ayam*

Ps: beberapa model K-01 yang lain.

Ps2: agak berasa gimana-gitu kalo liat yang warna kuning :$

highres-pentaxk01popupflash_1332420926 irsensor

1328188089_K01_B&Y_flash_largeae

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Reborn Pentax K-01: Blue-White at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: