Raib!

9 July 2013 § 6 Comments

Sepekan setelah diresmiin, pelaksanaan tiket elektronik Commuterline Jabodetabek menuai masalah. Tau-tau kartu tiket singletrip sebanyak TUJUHRATUSREBU biji raib!

Lebih dari separuh tiket elektronik KRL commuterline hilang sejak penggunaan tiket itu diberlakukan pada 1 Juli 2013. Itu berarti ada oknum dari penumpang/petugas tiket yang nyelundupin tiket ke luar stasiun. Seorang pejabat KAI mengatakan, “Masih banyak penumpang yang nakal, salah satunya ke luar melalui jalan tikus di stasiun.” Pun, dalam satu kesempatan, lagi-lagi pihak KAI menyalahkan penumpang kereta tidak tertib menggunakan tiket elektronik singletrip itu.

Mari kita itung-itungan sederhana. Gak usah yang rumit-rumit, cukup yang simpelnya aja. Informasi awal, ada tiket singletrip totalnya 1,1 juta. 700.000-nya raib entah ke mana, berarti sisanya 400.000. Gua total-total stasiun yang ada di Jabodetabek ini sekitar 69. Wah, angka yang bagus, ya. Ehem, lanjut.

Jika pejabat KAI mengklaim bahwa penumpangnya nakal masih nguntit kartu tiket lewat jalan tikus, maka kita bisa menghitung “berapa jumlah rata-rata kartu tiket yang dibawa keluar tiap stasiun di SELURUH JABODETABEK” dengan cara seperti ini:

X=jumlah kartu tiket yang raib
Y=jumlah stasiun
Z=jumlah rata-rata kartu tiket yang dibawa keluar tiap stasiun di SELURUH JABODETABEK

Z=X÷Y
Z=700.000÷69
Z=10.144 biji tiket!

Berarti selama 7 hari itu tiap stasiun di SELURUH JABODETABEK kehilangan tiket sebanyak 10.144 BIJI! Dan tiap harinya stasiun ini kehilangan 1.449 BIJI! Bayangin aja…

So, segitulah jumlah kartu yang dikuntit penumpang, sodara-sodara. Penumpang KRL-lah yang ngilangin segitu banyak kartu singletrip yang ngebikin penumpang lainnya terpaksa membeli kartu tiket multitrip. Ga salah lagi, penumpanglah yang salah.

…gua sih kaga percaya.

Tagged: , , , ,

§ 6 Responses to Raib!

  • nourygagarin says:

    bahahahahhaa.. aduh kok gue ketawa sih? tapi emang bombastis banget jumlahnya. gila. gue juga gak yakin ada seribuan orang yang ‘lewat jalan tikus’ di tiap stasiun per hari. bingung.

    • ibnumaroghi says:

      Hahahahahaha gua juga gatau ngetawain apaan nih :))
      Gak masuk akal ajasih. Cuma di pemberitaan media, pihak kai sering kali “ngasih” solusi hal ini dengan bilang, ‘makanya beli yang multitrip.’
      Eeaaaaa otak konspirasi gua langsung ngebul.

  • izarbaik says:

    etdah, biji satuan nya x_x.

    pas 1 Juli gw naik KAI ke Bogor, kayaknya kecil celah buat warga sipil ngambil kartu nya dah… kan dikembaliin pas mau keluar pintu nya.

    oknum orang dalem?

    • ibnumaroghi says:

      Hahaha, biar enak penekanannya itu:mrgreen:
      Bisa jadii!!! Bisa jadiii!!

      • izarbaik says:

        dan gw kagak nyimak, at the end you said “…gua sih kaga percaya.”
        oke, artinya kita sepakat bahwa bukan penumpang pelaku utama nya.

        • ibnumaroghi says:

          Bwahahahaha masa’???
          Ah iya setuju emang bukan penumpang harusnya. Gua curiga ada pihak laen yang bermain. Ada kecenderungan supaya penumpang beli yang multitrip gutu sih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Raib! at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: