Cara Membuka Situs yang Diblokir

Dunia kini berada dalam genggaman kita yang memiliki akses internet. Kita dapat dengan mudah mencari informasi apapun yang kita inginkan. Mulai dari yang positif hingga yang negatif sekalipun. Dengan adanya kebebasan ini, setiap pengguna internet dapat mencari apa saja melalui mesin peramban. Meskipun begitu, ada saja pengguna internet yang menyalahgunakan ‘kebebasan’ itu untuk mengakses informasi yang tidak jelas atau berkonten negatif.

Maka dari itu, pemerintah memberikan kebijakan untuk memblokir beberapa situs yang dianggap memiliki konten negatif atau berbahaya. Namun, ada beberapa situs yang menurut sebagian orang bermanfaat tapi diblokir oleh pemerintah seperti Vimeo dan Reddit, bahkan hingga Tumblr. Ketiga situs tersebut hanya sebagian kecil contoh saja, bisa jadi ada banyak lagi situs-situs bermanfaat lainnya yang diblokir oleh pemerintah.

Biasanya ketika anda mencoba mengakses situs yang diblokir, kurang lebih anda pasti familiar dengan halaman internet positif maupun halaman yang berisi keterangan refused to connect. Halaman tersebut muncul ketika anda mencoba mengakses situs yang diblokir dan tampilannya bisa berbeda-beda, tergantung provider internet yang digunakan.

Gua sering banget kesulitan buka situs-situs yang penting untuk dibuka. Sulitnya karena situs itu diblokir sama “Internet Positif”. Berbekal pengalaman yang gua dapet dari internet, inilah cara sederhana gua membuka situs yang diblokir itu.

*****

Ganti Proxy dari Luar Negeri
Paling kesel sih, kalo kita udah nemu apa yang ada di google search, trus pas dibuka ternyata situsnya diblokir. Padahal kan situs yang dituju bukan konten porno, misalnya. Misalnya, ya. Kan ini hanya permisalan aja. Lagi pula banyak juga kok situs yang terblokir itu yang berbau kekerasan gitu atau apalah selain konten yang ono. Gua ga pernah nyaranin atau ngelarang supaya liat-liat yang begituan. Ya ini kan misalnya aja seperti yang gua bilang tadi. Gausah protes dulu kayak gitu, santai aja. Kecuali kalo gua nyuruh-nyuruh buka yang begituan, baru boleh protes. Ya namanya juga demokrasi, bebas-bebas aja berekspresi en berkreasi, yatoh?

Anyway, lanjut.
Lagi mau buka situs yang diblokir, trus bingung. Gimana cara bukanyaaa??? Akhirnya kembali lagi ke ritual biasa: tanya google! Nah, itu kan sebabnya yang akhirnya ngebuat elu-elu pada melipir ke blog gua. Mau tau bagaimana cara ngebuka situs yang diblokir, kan? Maka dari itu, elu memilih blog yang tepat!!

Pertama, buka browsernya. Gua biasa pake Chrome, jadi caranya kayak gini: “Customize” > “Setting

setting

Klik “Show advanced settings…” trus scroll ke bawah dan pilih “Change proxy setting“.

proxy lan setting

Pilih “LAN setting” trus pilih “Use proxy server for your LAN” dan masukkan “Address” en “Port“nya (sesuai dengan negara yang diinginkan. Kita bisa cari di situs freeproxylists.net atau hidemyass.com) > “OK” > “OK”.

hidemyass

Pilih negara dengan Speed berwarna hijau (terserah sih), biasanya koneksinya lancar jaya. Oiya, ada satu hal yang perlu diperhatiin. Beberapa negara juga make kebijakan blokir situs-situs yang diangap ga sesuai dengan peraturan negaranya. Jadi cari negara yang ga punya aturan kayak negara kita. Hal ini perlu try and trial buat cari negara mana yang bisa buka situs terblokir itu (yang pasti sih bukan proxy dari Indonesia lah ya).

Pakai DNS Google
Pilih DNS server addresses lalu masukkan:

Preferred DNS server: 8.8.8.8

Alternate DNS server: 8.8.4.4

Gunakan aplikasi VPN
Enggak ribet dan sangat mudah dipakai, aplikasi VPN seperti Hotspot Shield VPN adalah alternatif terbaik untuk membuka konten-konten dan situs yang diblokir. Selain itu jika masih terasa sulit,

Pakai browser Puffin. Udah.

Selamat berselancar~~

Advertisements