Kabar Gembira: Registrasi Prabayar Sigra Dibenahi

9 August 2014 § Leave a comment

image

Di Eropa, satu orang hanya punya satu sim operator. Di Amerika, sim operator lebih penting daripada iPhone-nya. Setidaknya itu yang gue denger dari temen.

Kartu sim bukan hanya digunakan sebagai gerbang utama komunikasi jarak jauh dan alat penyedia internet mobile. Sim jauh lebih penting: identitas pengganti KTP di dunia TI. Dan itulah yang sedang diusahakan kemeninfo.

Dalam kasus yang lebih kecil, masalah sim di Indonesia adalah penipuan dengan nomor yang tak terdefinisi identitasnya. Hal ini disebabkan oleh kemudahan untuk menggonta-ganti nomor kartu tanpa harus menuliskan identitas yang sebenarnya.

Rencananya, pendaftaran sim akan dilakukan oleh penjual kartu perdana dengan memasukkan ke dalam database kependudukan nasional. Untuk itu, diperlukan identitas dari setiap pendaftar, yakni KTP yang bersangkutan. Pelajar di bawah usia 17 tahun pun tetap bisa mendaftar, hanya saja membutuhkan KTP orangtuanya.

Pembenahan registrasi ini akan dimulai pada bulan Maret 2015. Bagi pengguna lama, akan diberikan waktu dua bulan untuk melakukan registrasi ulang di operator center terdekat. Bila tidak, nomornya akan di-banned: bisa menerima tapi tidak bisa mengirim.

Keren sih! Semoga betul terlaksana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kabar Gembira: Registrasi Prabayar Sigra Dibenahi at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: