Obral, korting, diskon, promo, cuci gudang

27 September 2014 § 4 Comments

Gue pas di jalan suka kesel deh lihat toko yang jual barang-barang semisal tas bikin tagline,

“obral tas cuma 30ribuan”.

Atau di suatu pasar,
“Korting Semangka 1kg Rp9.000,00 Rp5.000,00! Buruan, sebelum kehabisan!!!”

“Diskon celana jeans 50%!”

“Cuci gudang!! Sepatu kulit hanya Rp50.000,00 aja. Impor! Sepatu Cihampelas!”

Kok kesel? Kan barang obralan itu jatohnya jadi murah. Di mana penyebab kekeselannya?

Biar gue jelasin…

Orang jualan kan intinya mau cari untung. Untung diraih kalo dagangannya laku. Nah, untuk mencapai kata “laku” pedagang kadang nggak segan-segan buat menggunakan cara apapun. Mereka akan mencari cara sederhana supaya cepet terjual.

Menarik perhatian calon pembeli adalah salah satu cara. Mau jual apapun, menarik perhatian adalah dasar dari berniaga. Buat yang lagi belajar marketing, boleh juga catat tips dari Koh Ogi ini.:mrgreen:

Mau dia bikin promo besar-besaran, mau diskon gede-gedean, atau bahkan hanya membuat tagline unik supaya diingat orang yang ngeliat, semua itu adalah contoh dari menarik perhatian. Pasti gol-nya adalah keuntungan. Bahkan sampai ada cuci gudang yang harganya nukik pun, ujung-ujungnya tetap mencari laba.

Obral jika dilihat dari KBBI daring berarti ‘menjual barang secara besar-besaran dengan harga murah’. Produk tersebut dianggap sebagai barang obral karena dijual secara massal dan murah.

Selain obral, beberapa istilah sering pula dijadikan bahan iklan untuk menarik perhatian pembeli, di antaranya korting, diskon, promo, dan cuci gudang. Korting berasal dari bahasa Belanda yang berarti pemotongan harga. Istilah ini sudah jarang dipakai oleh para pedagang dan mereka lebih memilih kata diskon (kata serapan dari discount yang bermakna potongan harga pula). Istilah potongan harga lainnya adalah cuci gudang yang berarti potongan harga besar-besaran sampai gudangnya tak tersisa produk barang lagi (bersih seperti dicuci). Istilah-istilah itu merupakan bagian dari promo suatu produk. Promo dalam KBBI adalah tidak ada artinya. Yang ada hanya promosi, yakni kegiatan komunikasi untuk meningkatkan volume penjualan dengan pameran, periklanan, demonstrasi, dan usaha lain yan bersifat persuasif. Promosi dapat dikatakan sebagai pemasaran/marketing.

Harga tas di pedagang kaki lima berkisar antara 30ribu–100ribu. Harga 30ribu dianggap murah sehingga sang pedagang menganggap produknya termasuk barang obral. Secara umum, kasus di paling atas memang bisa disebut “obral” karena tas tersebut dijual dengan harga termurah. Namun begitu, lebih spesifik lagi pemahaman tentang obral dapat dijabarkan lebih jauh.

Penetapan obral seharusnya lebih dari sekadar murahnya harga produk. Terdapat poin-poin lain yang membedakan obral-tidaknya sebuah barang. Gue melihat setidaknya dua: kualitas produk dan merek.

Kualitas produk mencakup bahan, standar pembuatan barang, dan hal-hal lain yang menyangkut langsung atas barang tersebut. Merek bukan berarti mereknya terkenal atau eksis di kalangan atas; itu semua hanya imbas. Justru sebaliknya, karena mereklah hal tersebut diperhatikan banyak orang. Merek yang dimaksud adalah layanan dalam mendapatkan produk, kemudahan akses informasi soal produk, jaminan purnajual, dan hal-hal nonteknis yang menyangkut produk tersebut.

Jika dua poin di atas tergolong bagus, maka status obral dalam iklan produk baru dianggap sah. Begitu pun dengan cuci gudang dan diskon yang dilakukan di banyak pusat perbelanjaan. Jadi, pedangang harusnya dapat membedakan barang berkualitas baik dengan yang tidak sehingga penentuan harganya bisa masuk akal dengan promosinya.

Disclaimer: maunya pake ilustrasi, biar menarik. Tapi males aja nanti sensitif ke mana-mana.:mrgreen:

Tagged: , , , ,

§ 4 Responses to Obral, korting, diskon, promo, cuci gudang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Obral, korting, diskon, promo, cuci gudang at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: