Hongmi 1S [review ponsel]

20 October 2014 § 2 Comments

Always believe that something wonderful is about to happen.

image

Hongmi 1S!!! Udah ngidam 7 hari 7 malem dari taun 2011-an, akhirnya kesampaian juga beli hape Cina ini.

Kenapa hape Cina?
Hape Cina, hape yang orang-orang tahu batrenya langsung somplak 3 hari dipake, gue pilih sebagai ponsel yang baru setelah Live with Walkman gue mengajukan surat retirement beberapa minggu lalu.

Gue orangnya pemilih. Melihat ulasan-ulasan hape yang nggak tahan banting kayak gitu (konotatif!) bikin gue ogah coba juga. Walaupun diiming-imingi harga yang murah, gue tetep melihat standar pabrikan itu sebagai poin utama. Pun, produk buatan buruh-buruh Cina nggak bisa digeneralisasi semuanya. Beberapa merek mungkin gampang turun mesin, tetapi masih banyak manufaktur di sana yang masih menjaga kualitasnya. Hampir semua hape-hape Android dibuat di Cina, loh! Bahkan, iPhone pun bikinnya di Cina. Walaupun merek dagangnya berasal dari negara Paman Sam, workshop (pabrikan pembuatannya) ada di Cina.

Xiaomi
Xiaomi dari dulu hanya membuat ponsel dengan spek tinggi. Mi 1, sebut aja. Pada rezimnya, ponsel ini berspek tinggi dengan rival sekelas Galaxy S2 dan iPhone 4s. Harga Galaxy S2 4jutaan dan iPhone 4s 6jutaan, sedangkan Mi1 hanya 2,5juta! Bayangin aja coba! Google Nexus ala Samsung jangan disebut lah ya. Malu sama kameranya yang cuma 5MP aja.:mrgreen:

Mi 2, juga Mi 2S sama aja. Begitu pula Mi 3, serta Mi 4 yang baru beberapa bulan lalu rilis. Harganya nggak sampe setengahnya! Jauh!

Hongmi ini beda dari semua ponsel yang dibuat Xiaomi. Baru pada produk inilah spek menengah dikeluarkan. Diawali dengan versi 1 yang menggunakan jeroan Mediatek, Hongmi dijual di Cina.

Ekspansi ke luar Cina
Saat setahun lalu membajak Hugo Barra, salah satu petinggi Google, Xiaomi mulai ekspan ke luar kandang. Singapura adalah negara pertama yang digagahi. Selanjutnya menyusul Filipina, India, dan (seperti yang udah gue nantikan bertahun-tahun lamanya akhirnya ke) Indonesia. Setiap penjualannya ludes! Nyaris tak ada sisa di gudang. Kalo udah begini gue jadi inget dengan nasip Surface-nya Microsoft en iPhone 5C(cheap but overprice)-nya Apple. Barang gagalnya kestok banyak di gudang. Mubazir banget udah bikin bejibun tapi kagak laku!

Hongmi 1S, suksesor dari Hongmi 1, dijual secara bertahap di beberapa negara Asia. Cara penjualannya, kalo gue boleh komenin, keren abis! Marketingnya jago, aslik! Dibuat “seolah-olah” eksklusif, Hongmi dijual secara terbatas via online. Keuntungan ada pada pembeli: menekan harga jual karena tanpa perantara, dan pula menguntungkan produsen: banyak yang beli pastinya makin menguntungkan, bukan? Yang apes paling-paling ya reseller. Udah jualnya ga tanggung-tanggung, barangnya suka indent gitu. Cuma produk sebelah yang bisa begitu yegak? (gegara ogah jual langsung di mari).:mrgreen:

image

Bodi & Desain
Posturnya kotak ala candybar dan ada sedikit curve di sudutnya. Ramping, engga setebel Live Walkman tapi engga ketipisan. Sedikit lebih berat dari smartphone kebanyakan (150gr), tapi justru lebih pas digenggam.

image
image

image

image

Spesifikasi
Mari kita bicara spek. Untuk memilih ponsel, kita nggak mungkin nggak bicara spek, setelah itu baru soal harga. Spek dan harga tak pernah berbanding terbalik, pasti lurus! Spek tinggi, harga selangit. Spek rendah, harga murah. Spek menengah, harga ya sedang-sedang aja.

Hongmi ini beda. Speknya gak tanggung-tanggung. Dengan processor Snapdragon 400 segede 1,6GHz, Hongmi bisa melakukan aktivitas dengan baik. Ngelag? Kaga pernah. Lancar jaya kayak Jalan Basuki Rahmat arah Buaran (jangan arah sebaliknya! Itu mah Live With Walkman gue dulu :p). GPU yang digunakan adalah 305. GPU (semacam VGA-nya smartphone) yang digunakan standar ponsel menengah. Kinerjanya nggak malu-maluin sampe saat ini.

image

Bodinya terbuat dari plastik. Yaiyalah plastik! Ga mungkin lah ya dari material metal atau aluminium, wong yang semahal S4 aja masih pake plastik. Selain itu, gue suka bodinya karena tahan jatuh dari ketinggian 1 meter. Aslik, ini bukan disengaja atau direkayasa. Ponsel gue beneran jatuh dari ketinggian segitu waktu di sekitar lampu merah Halimun. Siapa juga yang mau ngetes ponselnya untuk keperluan yang nggak perlu seperti itu, yegak?

Bagian belakangnya sama sekali mulus, hanya bagian depan aja yang bebaretan. Kacanya? Bening! Ada Dragontrail yang lindungin dari goresan soalnya. In fact, ponsel gue jatuh dengan bagian belakang terlepas, tapi batrenya nggak copot sehingga ponsel tetap dalam keadaan menyala.

Pada bagian layar, tersemat AGC Dragontrail untuk melindungi LCD sebesar diagonal 4,7 inci. Sengaja nggak pake simbol ” untuk inci, takut salah ketik kayak teknoup.com yang pake ukuran 4,7′ (4,7 kaki?). Kualitasnya sudah HD, yakni 720×1024 piksel. Bagi gue, ini udah lebih dari cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari semisal nonton film HD di MX Player Pro. Biasanya Walkman gue sering patah-patah jika videonya berdefinisi tinggi. Sekarang gue nggak perlu khawatir lagi dengan masalah lag-lag-an itu.

Menyoal touchscreen, nggak ada yang aneh. Oke banget. Sangat kapasitif tanpa harus ditekan dengan keras. Kadang, tak sampai tersentuh pun layar bisa merespon dengan baik.

User Interface: MIUI
Tagline “Redefine Android” sepertinya berhasil! MIUI merupakan salah satu UI Custom yang mendunia selain CyanogenMod. Keduanya bersaing dengan custom ROM lain dalam perangkat Android dalam versi rooted. Selain dipakai pada ponsel Xiaomi, MIUI sudah banyak dipakai oleh pelbagai merek. Pengembang/developer ROM tersebut pun biasanya adalah user biasa yang memang gandrung dengan kemajuan dan keingintahuan. Mungkin keterbukaan jugalah yang membuat Xiaomi bisa sebesar ini hingga sekarang.
image

Hongmi 1S menggunakan MIUI versi 5.0. Basis sistem operasinya masih Jelly Bean. Jika beberapa orang masih peduli dengan urgensi dari pembaruan OS, mungkin gue bukan salah satunya. Maksudnya, update-an OS emang penting. Jika ada bug atau trouble pada OS sebelumnya yang sangat mengganggu, itu perlu. Tapi jika hal baru yang dibawa dari update-an itu hanya sekadar “baru”, buat apa? Asalkan fungsi dan teknis serta estetikanya udah cukup, gue nggak butuh update itu.

Hongmi 1S bakalan diperbarukan ke versi Kitkat (4.4.x) akhir bulan ini. Gue belum antusias untuk menunggu karena yang sebegini aja kinerjanya udah baik.

…dan yang paling gue suka adalah pada bagian kamera, gue puas banget!

Kamera: 8MP
Sekali lagi gue katakan, gue orangnya pemilih. Engga semua produk mahal gue tolak dan engga semua produk murah gue beli. Dulu pernah mau beli ponsel Cina yang namanya cukup familier. Harganya rasional, speknya lebih sedikit dari Walkman. Sayangnya, kualitas kameranya (pun udah sebesar 8MP) kurang baik. Maka, gue memutuskan untuk bersabar menggunakan Walkman aja sampe ada penggantinya. Kamera yang dicantolkan di bagian belakang ini bagus. Fokus yang dihasilkan juga nggak kalah dengan camdig (hanya beda ukuran sensor). Bahkan mungkin lebih baik karena kita bisa sesukanya menentukan fokus dengan layar sentuh.

ini IKEA...

Fitur yang gue suka adalah HDR. HDR yang secara mudah bisa diartikan sebagai hasil foto dengan pencahayaan yang seimbang memudahkan kita untuk memotret objek yang berada pada cahaya yang tidak merata. Ada yang terik, ada yang terlalu gelap. HDR berfungsi untuk meredupkan cahaya yang berlebih dan mengisi cahaya pada bagian yang gelap.

image

image

Baterai
Daya tahan baterai untuk ponsel ini lebih dari cukup! Seharian hanya sekali charger. Kadang kalo lagi sibuk banget sih bisa dua kali (halah cuma buka-buka socmed aja belagu!). Tapi memang daya sebesar 2.000mAH udah memuaskan banget! Nggak ada lagi yang namanya CCC di ruang publik. Cari-cari colokan. Engga usah lagi bawa-bawa aki kering kayak abang-abang Gimbot SD.

Overall, gue suka ponsel ini karena worth banget dipakainya. Harga adalah poin utama kenapa smartphone ini harus gue beli. Suka, gue suka!

Tagged: , , , , ,

§ 2 Responses to Hongmi 1S [review ponsel]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Hongmi 1S [review ponsel] at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

%d bloggers like this: