Hijau-Kuning-Ijo-Nguning

2 May 2016 § Leave a comment

Tiap kali ke Medan, ada aja cerita seru yang gue dapat selepas pergi dari sana. Entah itu soal rebutan kursi pesawat, mabok duren selosin, sampe cerita cerita serem selagi gue di hotel. Kali ini soal kota Medan tho’ yang gue lihat setiap muter-muter di jalan kota.

Jigile, banyak bet bangunan atawa tempat-tempat yang dicat dengan warna kuning-hijau.

Gue udah melihat banyak kota di Pulau Jawa. Melihat bagaimana wajah yang terlihat dari warna dominan pada satu-dua detail yang menjadi ciri-ciri kota tersebut. Gue udah hapal betul Jakarta. Bandung, Jogja, Bali, Banten (kota?), dan Bogor pun sempat gue identifikasi tampangnya. Kreasi warna pada kota tersebut cenderung biasa aja. Jika ada warna dominan, paling-paling hanya terlihat pada kota Jakarta.

Jakarta sudah kita kenal dengan dominasi warna oranye. Berbasis warna kebangsaan Belanda, pengaruh oranye terasa sekali pada warna dasar instansi semisal seragam tenaga kebersihan sejak dahulu kala. Akan mudah kita temui mobil-mobil dengan petugas berwarna jingga di jalan-jalan kota pada awal pagi. Banyak memang pengaruhnya.

Tapi cuma sampai situ. Tempat-tempat lain mungkin ada, tapi banyak variasinya dan tidak dominan.

image

Medan adalah kota terjauh yang pernah gue kunjungi. Selama ini, gue selalu melihat sebuah kota penuh dengan warna yang biasa, tidak nyeleneh, serta tidak identik.

image

Di medan, gue akan dengan mudah melihat kombinasi warna pisang-ijo berjejeran di mana-mana. Di jalan, di trotoar, di pot taman, di tiang-tiang jembatan, di dinding cafe, bahkan di penutup area terbuka pun sama. Begitu dominannya warna kuning-hijau di kota Medan ini sampai-sampai gue bertanya dalam hati, “Punya utang apa Medan kepada warna Hijau-Kuning?”

image

image

image

image

image

image

I can’t handle that ijokuning stuff. :O

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Hijau-Kuning-Ijo-Nguning at B e r s a n t a i S e j e n a k . . ..

meta

