Lema

Ada beberapa istilah yang kadang orang-orang sertakan dalam tulisan maupun esai mereka namun tidak memahami makna yang sebenarnya. Berikut istilah-istilah yang pernah saya temukan dalam tulisan, baik media cetak maupun media virtual.

Aksioma: pernyataan yang dapat diterima sebagai kebenaran tanpa pembuktian.
Akulturasi: suatu proses sosial yang timbul manakala suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Kebudayaan asing itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaannya sendiri tanpa menyebabkan hilangnya unsur kebudayaan kelompok itu sendiri. Singkat kata, akulturasi adalah percampuran budaya dalam suatu masyarakat.
Anekdot: cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan. Biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya.
Berkelindan: erat menjadi satu. (kelindan: [1] benang yang baru dipintal; [2] benang untuk pemutar kincir; [3] benang berpilin untuk menjalankan jentera; [4] benang yang sudah dimasukkan ke dalam lubang jarum untuk menjahit).
Disensus: situasi sosial yang memperlihatkan terjadinya ketidaksepakatan mengenai penerapan nilai-nilai tertentu.
Diskursus: ? (tak terdapat dalam KBBI daring).
Eksaminasi: sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pertimbangan hukum dari hakim yang memutus perkara di pengadilan, apakah telah sesuai dengan prinsip-prinsip hukum, apakah hukum acaranya sudah diterapkan secara benar dan apakah putusan tersebut telah menyentuh rasa keadilan masyarakat. Mudahnya, eksaminasi merupakan uji materi terhadap keputusan yang telah dibuat.
Holistik: ciri pandangan yang menyatakan bahwa keseluruhan sebagai suatu kesatuan lebih penting dari pada satu-satu bagian dari suatu organisme.
Imperatif: [1] bersifat memerintah atau memberi komando; mempunyai hak memberi komando; bersifat mengharuskan; [2] bentuk perintah untuk kalimat atau verba yang menyatakan larangan atau keharusan melaksanakan perbuatan.
Katarsis: [1] pembaruan rohani dan pelepasan diri dari ketegangan. [2] Kelegaan jiwa setelah melewati tekanan/masalah.
Kosmologi: [1] ilmu cabang astronomi yang menyelidiki asal-usul, struktur, dan hubungan ruang waktu dr alam semesta; [2] ilmu tentang asal-usul kejadian bumi, hubungannya dengan sistem matahari, serta hubungan sistem matahari dengan jagat raya; (3) ilmu cabang dari metafisika yang menyelidiki alam semesta sebagai sistem yang beraturan.
Mitigasi: ? (tak terdapat dalam KBBI daring).
Moderat: [1] selalu menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem; [2] berkecenderungan ke arah dimensi atau jalan tengah.
Parsial: berhubungan atau merupakan bagian dari keseluruhan.
Revitalisasi: proses, cara, perbuatan menghidupkan atau menggiatkan kembali.
Semiotik: segala sesuatu yang berhubungan dng sistem tanda dan lambang dalam kehidupan manusia.

sumber: KBBI daring.

§ 2 Responses to Lema

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: